Panjat Tebing Indonesia Berpotensi Absen di Olimpiade 2020 Tokyo

0
Sumber Gambar: asiangames.tempo.co

Tim panjat tebing Indonesia tampaknya akan absen tampil di Olimpiade 2020. Hal tersebut menyusul hasil kurang memuaskan pada ajang pra-kualifikasi IFSC Combined Qualifier 2019 di Toulouse Perancis, November 2019 lalu.

Dalam kejuaran tersebut mempertandingkan nomor combined. Combined sendiri adalah kombinasi antara Lead (panjang dengan layer), Speed (adu cepat) dan Boulder (panjat tanpa pengaman tali).

Dalam turnamen tersebut Indonesia menurunkan dua atlet andalannya yakni Aries Susanti Rahayu dan Alfian M. Fajri. Sebagai informasi Aries adalah atlet putri yang berhasil memecahkan rekor dunia panjat tebing nomor speed.

Sayangnya hasil keduanya tidak berakhir memuaskan. Aries hanya mampu finis di urutan ke-16 sementara Alfian berada di peringkat ke-13.

Hasil tersebut sekaligus menutup peluang panjat tebing Indonesia tampil ke Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya turnamen pra-kualifikasi di Perancis tersebut menjadi salah satu peluang yang dimiliki Indonesia untuk meloloskan atletnya. Dan tragisnya peluang tersebut tidak berhasil di maksimalkan.

“Hasilnya memang kami belum masuk (kualifikasi), dan ini memang sepertinya sudah menutup pintu Indonesia untuk tampil di Olimpiade 2020,” ujar Wakil Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pristiawan Buntoro seperti dilansir dari Antara.

Pristiawan mengatakan kegagalan tersebut dikarenakan kurangnya pemanjat tebing yang bisa diandalkan di nomor kombinasi. Ia menilai keunggulan Indonesia berada di nomor speed, namun sayangnya nomor tersebut tidak dipertandingkan pada Olimpiade 2020.

Padahal ia yakin pihaknya bisa mempersembahkan emas andai nomor speed bisa diturunkan.

“Yang perlu diingat adalah Olimpiade 2020 itu hanya ada combined, bukan speed. Combined ini memang sangat merugikan kaitannya dengan atlet,” imbuhnya.

Kini tim panjat tebing Indonesia memiliki satu kesempatan yang tersisa di Kejuaraan Asia Panjat Tebing yang akan digelar di Morioka, Jepang pada mei 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here