Pandemi Covid-19, Perbakin Pilih Fokus Bina Atlet Junior 

0

Dalam masa pandemi covid-19, Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) lebih memilih untuk berfokus dalam membina atlet menembak junior. Hal tersebut karena Perbakin berupaya mempersiapkan regenerasi atlet semaksimal mungkin.

Disampaikan oleh Kepala Pelatih Perbakin Ebrahim Inanlou, bahwa pemilihan fokus kepada atlet junior tersebut, dimaksudkan dalam rangka persiapan menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam.

“Kami saat ini sedang mempersiapkan atlet untuk SEA Games Vietnam. Ini waktu yang bagus untuk kami dan kami rasa kami bisa manfaatkan ini untuk SEA Games nanti,” ujar Ebrahim, seperti dilansir dari Tempo.co

Pelatih berkebangsaan Iran tersebut memaparkan, idealnya memang Pelatnas dikhususkan bagi persiapan penembak yang akan terjun di babak kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Tapi, karena seluruh event menembak ditunda dan batal, maka program latihan tidak lagi diperuntukkan bagi Vidya Rafika yang sudah memegang tiket Olimpiade, tetapi juga bagi atlet junior.

“Sekarang kami mulai 50m rifle 3 position khusus Fika (Vidya Rafika) karena dia harus menembak air rifle dengan 3 position. Untungnya dengan waktu yang kami punya, kami jadi bisa mulai 3 position dengan atlet lainnya juga,” kata Ebrahim.

Ebrahim sendiri tidak menampik, jika Tim Indonesia punya tantangan besar, jika ingin menambah wakil ke Olimpiade Tokyo. Hal tersebut berkaca dari, hanya tersisa 12 kuota yang akan diperebutkan para penembak untuk bisa mendapatkan peringkat dunia. Meskipun memang masih ada peluang di tahun depan, namun bisa dibilang peluang tersebut harus benar – benar diperjuangkan, karena tidak akan mudah.

“Peluangnya kecil tapi kami akan coba meski sangat sulit. Sekarang saya fokus ke atlet remaja, SEA Games dan mungkin kompetisi di masa mendatang,” tuturnya.

”Tahun lalu juga kami tak banyak ikut kompetisi sehingga petembak kami masih belum berada di peringkat atas dunia.”

Pembinaan atlet usia muda bagi Ebrahim sangatlah penting, demi terus bisa menjaga regenerasi di kubu Perbakin. Sehingga Tim Indonesia tidak akan kekurangan atlet pada berbagai kelompok umur.

Hingga kini, sebanyak 10 atlet hingga saat ini masih terus mengikuti pelatnas di Lapangan Tembak Senayan. Dari 10 atlet tersebut empat di antaranya merupakan atlet usia muda. Selain disiapkan untuk Olimpiade Tokyo dan SEA Games 2021, mereka juga disiapkan untuk menyambut kejuaraan Youth Olympic Games 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here