Padahal Negara Kelautan, Tapi Mengapa Olahraga Jetski Tak Populer di Tanah Air

0
ANTARA FOTO/INASGOC/Bram Selo Agung/INP

Salah satu cabang olahraga (cabor) yang turut mendulang prestasi gemilang di ajang Asian Games 2018 lalu yakni caborJet-Ski. Pada pesta olahraga terbesar Asia itu, tim Jet-Ski sukses menyumbankan  medali emas ke-12 bagi Indonesia melalui Aqsa Sutan Aswar nomor endurance runeabout. Tak hanya itu, tim Jet-Ski Indonesai sebelumnya juga sukses meraih medali perak dan perunggu lewat Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar.

Sayangnya meski sukses mendulang prestasi di ajang Asian Games 2018, banyak warga Tanah Air yang masih awam dengan cabang olah raga ini. Hal tersebut dikarenakan Jet-Ski dianggap sebagai satu olahraga yang masih tergolong mewah di Indonesia.

Belum banyak orang yang mengetahui olahraga ini, padahal di luar negeri seperti Amerika kejuaraan jetski sudah sangatpopuler. Faktor tidak populernya cabor Jet-Ski di Indonesia pun di ungkap oleh salah satu atlet Jet-Ski Indonesia, Aqsa Sutan Aswar. Menurut Aqsa, saat seseorang ingin membeli jetski dari luar negeri, pajaknya sangat mahal. Sama seperti membeli mobil di Indonesia yang harganya bisa tiga kali lipat dibanding di Eropa dan Amerika.

“Jadi orang lebih mikir, ‘ah mending gue beli mobil daripada beli jetski’, jadi dari segi itunya yang susah untuk bikin jetski hits,” kata Aqsa, dilansir dari Brilio.net.

Kendati demikian, Aqsa tak menjelaskan secara detail harga jetski. Namun ia mengatakan bahwa harga satu jetski sama seperti harga satu unit mobil.

“Seharga mobil lah. Seharga Fortuner lah, jadi orang lebih milih beli Fortuner dong, dibanding beli jetski. Tapi kan Fortuner nggak bisa di laut,” ujarnya.

Aqsa dan Aero tak hanya berprestasi di ajang Asian Games 2018, atlte kak beradik tersebut juga telah banyak penghargaan yang mereka raih dari kejuaraan internasional. Tak heran jika mereka memiliki sejumlah Jet-Sky di beberapa negara.

“Nggak bisa jawab. Di Amerika ada buat lomba, ada di beberapa negara juga biar nggak shipping (mengirim ke luar negeri) jetski pas mau lomba,” tutup Aqsa.

Melihat pernyataan Aqsa, jelas olahraga yang satu ini perlu banyak di dukung dan sosialisasikan kepada masyarakat agar banyak bermunculan atlet Jet-Ski berbakat lainnya. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang dikelilingi lautan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here