Olimpiade Tokyo 2020, Kemenpora Target Loloskan 46 Atlet

0
Sumber Gambar: merdeka.com

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah mencanangkan bahwa akan mengirimkan atlet ke Olimpiade Tokyo 2020 dengan jumlah yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan Olimpiade Rio pada 2016.

Menurut Menpora Zainudin Amali, pada tahun 2016 di Rio, Tim Indonesia hanya meloloskan 28 atlet dari cabor bulutangkis, atletik, dayung, panahan, angkat besi dan balap sepeda. Sehingga di 2020 jumlah tersebut ditarget bisa meningkat.

“Sementara saat ini masih ada 74 atlet Indonesia dari berbagai cabang olahraga yang masih harus terus mengikuti berbagai kejuaraan kualifikasi hingga April tahun depan guna lolos menuju ke Olimpiade 2020,” kata Zainudin, seperti dikutip dari Tempo.co

Sementara, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, mengatakan bahwa Tim Indonesia sejauh ini sudah meloloskan lima atlet ke ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Mereka yang sudah memastikan slot di Olimpiade 2020 adalah, Lalu M Zohri (atletik), Eko Yuli Irawan (angkat besi), Riau Ega Agatha S dan Diandra Choirunnisa (panahan), serta Vidya Rafika (menembak).

“Potensi optimal jumlah atlet lolos Olimpiade sekitar 46 atlet dari 13 cabang olahraga,” ucap Chandra di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020.

Ditambahkan Chandra, saat ini masih ada potensi lolos ke Olimpiade dari atletik melalui dua atlet. Selain itu, disebutkan, bahwa angkat besi juga punya peluang yang sama dengan dua lifter untuk meraih tiket Olimpiade.

“Untuk panahan 4 atlet dan bulu tangkis 12 atlet,” kata dia.

Selain itu disebutkan Chandra, bahwa dua atlet voli pantai, juga memiliki peluang besar tampil di Olimpiade 2020. Sepatu roda masih menurutnya berpeluang juga dalam meloloskan dua atlet.

“Selanjutnya dayung 8 atlet, tenis 2 atlet, sepeda 1 atlet, tinju 1 atlet, menembak 1 atlet, taekwondo 2 atlet, dan renang 2 atlet, kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here