Oka Sulaksana, Peselancar Kelas Asia dari Indonesia

0

Indonesia pernah mempunyai peselancar angin yang disegani di Asia. Dia adalah I Gusti Made Oka Sulaksana , peselancar angin asal Sanur Bali. Prestasi Oka Sulaksana adalah merebut medali emas Asian games dua kali berturut-turut, yakni di Asian Games 1998 dan 2002.

Di Sea Games, Oka tidak mempunyai lawan sebanding dan memperoleh 4 medali emas dari tahun 1993 sampai 2001. Pria kelahiran Sanur Bali, 29 April 1971 ini juga pernah membela Indonesia di ajang Olimpiade. Oka terjun di Olimpiade Atlanta 1996, Sydney 2000, Athena 2004, dan Bejing 2008. Di Olimpiade Beijing, Oka terpilih sebagai pembewa bendera merah putih dalam acara pembukaan.

Di tingkat nasional, Oka Sulaksana masih aktif bertanding. di ajang Pekan Olahraga Nasional terakhir di Jawa Barat, Oka berhasil merebut 2 medali emas.

Prestasi Oka di PON tahun 2016 memang suatu yang cukup menyedihkan. Sebagai negara kepulauan, Indonesia sampai saat ini belum mempunyai peselancar angin yang tangguh, yang prestasinya bisa menyamai bahkan melebihi Oka Sulaksana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here