”Nombok Dong”, Perpaduan Musik dan Basket di Indonesia

0
Album ketiga Iwa K. yang diberi tajuk "Kramotak!" (mungkopas.blogspot.co.id)

“Hidup di lapangan,
dengan peluh bercucuran
Hempaskan bola kedalam keranjang
Dong nombok dong nombok dong”

Kedekatan olahraga dan masyarakat khususnya generasi muda di Indonesia tertuang dalam beberapa buah lagu. Salah satunya adalah lagu berjudul “Nombok Dong” yang dilantunkan oleh penyanyi rap Indonesia, Iwa Kusumah atau yang akrab dipanggil Iwa K. Lirik dalam lagu “Nombok Dong” menggambarkan semangat dalam bermain basket.

Iwa K adalah rapper kelahiran Bandung di tahun 1970. Pria yang juga menekuni bidang presenter TV dan aktor ini dapat dikatakan sebagai seorang pionir di musik hiphop Indonesia. Sebagai rapper, Iwa mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya sebagai Best Rap Performance di tahun 1999 dalam Indonesian Music Award. Iwa K mengeluarkan album pertamanya berjudul “Kuingin Kembali” di tahun 1992 dan Topeng di tahun 1994. Album Kramotak merupakan album Iwa K yang ketiga.

Lagu “Nombok Dong” muncul di tahun 1996 di dalam album Kramotak, saat musik rap dan olahraga basket tengah digandrungi oleh anak muda di yang bercita menjadi pemain Basket Indonesia. Musik rap tengah mendapat perhatian anak muda Indonesia saat itu. Beberapa penyanyi dan grup musik rap bermunculan dan menghasilkan karya-karya yang menghibur. Di sisi lain, televisi swasta dan surat kabar sangat gencar memberitakan olahraga basket, terutama pertandingan liga basket yang berasal dari Amerika Serikat. Tak ayal, kemunculan lagu ini langsung mendapat respon yang positif di kalangan anak muda.

Di tahun 2014, “Nombok Dong” diperbaharui sedikit berbeda. Lagu versi baru ini merupakan bagian dari mini album Iwa K yang baru, “Living in The Fast Lane”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here