National Stadium, Stadion Untuk Semua Cabang Asian Games 1951

0
Rombongan atlet India pada Pembukaan Asian Games pertama di Stadion National kota New Delhi, India, pada tanggal 4 Maret 1951. (wikimedia.org)

Sejak tahun 1933, Kota New Delhi mempunyai stadion cukup bersar dengan nama National Stadium. Di stadion yang merupakan hadiah dari Maharaja of Bhavnagar ini, Asian Games pertama dibuka pada tanggal 4 Maret 1951. Asian Games ini dibuka oleh presiden India saat itu, Rajendra Prasad.

Sebagai stadion termegah saat itu, National Stadium memiliki multifungsi, karena semua pertandingan dari 11 cabang yang dipertandingkan di Asian Games pertama dilangsungkan di stadion ini. Pembangunan stadion ini diarsiteki oleh Anthony S. De Millo dan dibuka oleh Lord Wilingdon.

Saat ini, Stadion yang pernah memberi 5 medali perunggu bagi Indonesia di tahun 1951 ini diberi nama Major Dhyan Chand National Stadium. Saat ini, kapasitas dan kegunaan stadion sudah jauh berkurang setelah mengalami renovasi. Dengan kapasitas hanya sekitar 16.000 penonton, National Stadium menjadi stadion untuk pertandingan hoki lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here