Militansi Suporter Indonesia, Kawal Tim Garuda di Negri Orang

0
Sumber Gambar: goal.com

Gelaran SEA Games 2019 di Filipina menjadi ujian tersendiri bagi militansi suporter pendukung Timnas Sepakbola Indonesia U-23. Pasalnya mereka harus membuat banyak pengorbanan untuk bisa untuk bisa mengawal perjuangan perjuangan Osvaldo Haay dan kawan-kawan.

Kembali pada pertandingan melawan Vietnam pada Minggu (1/12/2019). Kurangnya minat masyarakat Filipina terhadap sepakbola membuat Stadion Rizal Memorial cenderung sepi, nyaris tidak terlihat penonton. Maklum disana basket menjadi olahraga yang paling digemari.

Meskipun cenderung lengang tapi sayup-sayup masih terdengar dukungan dari suporter Indonesia. Jumlahnya  tidak banyak, bahkan tidak lebih banyak dari jumlah pemain dan official kedua tim. Namun tabuhan drum dan chant yang mereka bawakan cukup memecah kesunyian pertandingan yang diselenggarakan pukul 20.00 waktu setempat tersebut.

Ya, mereka ini adalah suporter-suporter yang secara khusus berangkat hanya untuk memberikan dukungan kepada timnas.

Menurut penuturan Fonad Tangguh selaku koordinator suporter Indonesia di Manila, suporter yang hadir di Stadion Rizal Memorial malam itu berbagai dari berbagai kalangan. Namun mayoritas berasal dari warga Indonesia yang sedang berdomisilia di Filipina.

Pada malam tersebut mereka datang beranggotakan 14 orang namun jumlahnya terus bertambah. Untuk memudahkan koordinasi mereka menunjuk salah satu restoran cepat saji menjadi titik kumpul mereka sebelum berangkat.

Mereka juga mendadani diri mereka dengan pernak-pernik serba Merah Putih. Mulai dari cat wajah, baju, hingga rambut kribo palsu. Mereka berusaha semeriah mungkin untuk bisa memberikan dukungan kepada tim Merah Putih.

“Biar mencolok saja. Ini untuk mendukung Indonesia,” ucap Fonad dilansir dari sport.detik.com.

“Ini ada yang sudah tinggal di Manila. Ada juga yang dari Sulawesi dan Jawa. Baju ini beli bareng-bareng. Semua bersatu untuk Indonesia,” sambungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here