Merekam Asian Games Melalui Perangko

0
Sumber Gambar: prelo.co.id

Selain digunakan sebagai salah satu benda pos, perangko seringkali digunakan untuk merekam banyak hal, dari gambar para tokoh, peristiwa, sampai suatu gelaran pesta olahraga seperti Asian Games. Ini dilakukan supaya gelaran ini bisa lebih dekat ke masyarakat.

Tradisi pembuatan perangko Asian Games sudah ada di Asian Games pertama yang digelar di India tahun 1951. Di Asian Games 1962 yang digelar Indonesia, perangko Asian Games dicetak dalam varian yang banyak. Selain menampilkan gambar bangunan seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno yang baru diresmikan saat itu dan jembatan Semangi, beberapa cabang olahraga seperti bola voli, polo air, basket dan sepakbola ditampilkan dalam bentuk perangko.

Tahun ini, PT Pos Indonesia meluncurkan perangko bertema Asian Games 2018. Perangko dengan seri Asian Games ini diluncurkan secara resmi 18 Januari 2018. Dari 42 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games, 11 diantaranya dituangkan dalam perangko.

Bagi PT Pos Indonesia, ini kali kelima mereka meluncurkan perangko edisi Asian Games. Perangko Asian Games pertama dirilis pada tahun 1951, ketika ajang olahraga Asia itu digelar di India. Kemudian 1962, mereka kembali mengeluarkan perangko saat Indonesia menjadi tuan rumah. PT Pos kembali mengeluarkan perangko sejenis di tahun 1994, 1998, dan 2018.

“Sebagai perusahaan negara kami juga ikut mendukung penyelenggaraan Asian Games ke-18 dengan mempromosikannya melalui penerbitan prangko seri Asian Games 2018. Asian Games 2018 Energy of Asia,” ujar Pupung Purnama, Kepala Regional 4 Jakarta Pos Indonesia, seperti yang dilansir Jawapos.com, 16 Februari 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here