Meraih Emas dari Olahraga Tradisional Pencak Silat

0
Sumber: mirajnews.com

Pencak Silat adalah olahraga tradisional nusantara yang perlahan menjadi cabang olahraga modern. Olahraga beladiri ini perlahan berkembang di berbagai negara dan ini telah mempunyai asosiasi di 93 negara. Keadaan ini membuat kementrian pemuda dan olahraga (Kemenpora) memperjuangan supaya Pencak Silat dipertandingkan di Olimpiade.

“Kemenpora mengambil inisiatif mengundang Persilat dan IPSI untuk segera mendapatkan gambaran lebih utuh langkah apa yang harus segera dilakukan,” ujar Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora, Marheni Kusumawati, seperti yang dilansir dari viva.co.id.

Pencak Silat telah mempunyai organisasi internasional bernama Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat) yang berdiri tahun 1980. Organisasi ini berhasil menggelar kejuaraan dunia Pencak Silat sejak tahun 1982.

Untuk bisa dipertandingkan di olimpiade, Pencak Silat harus melewati beberapa tahapan teknis dan administratif. Sebagai permulaan, Pencak Silat mulai dipertandingkan di Asian Games 2018. Cabang ini masuk dalam cabang olahraga yang ditargetkan menyumbang medali emas bagi Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here