Menunggu Emas Sepak Takraw

0
sindonews.net

Sepak takraw merupakan salah satu olah raga yang berasal dari Nusantara. Beberapa negara mengklaim sebagai asal olah raga yang kini sudah mendunia itu, termasuk Indonesia. Sepak takraw menjadi permainan yang berkembang di tengah masyarakat, sejak dahulu kala.

Cabang ini merupakan salah satu cabang olah raga di Asian Games 2018. Sepak takraw dengan semua varian nomornya telah dipertandingkan sejak tahun 1990. Ironisnya, Indonesia belum bisa berbicara banyak di permainan yang aslinya menggunakan bola kecil terbuat dari rotan ini.

Sejak 1990, negara terkuat yang merajai sepaktakraw di Asian Games adalah Thailand. Perolehan 22 medali emas Thailand, jauh dengan perolehan negara lain, yaitu Myanmar yang menyabet 5 emas, dan Malaysia dengan 3 emasnya. Sedangkan Vietnam dan Korea Selatan masing-masing dengan perolehan 2 dan 1 emasnya. Sementara Indonesia, cukup dengan 8 perunggu saja.

Tentu saja, ini menjadi ironis bagi Indonesia yang mempunyai tradisi sepak takraw di jaman dahulu. Dan kesempatan sepak takraw untuk mendapat prestasi lebih baik lagi sangat terbuka di Asian games 2018 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here