Menpora Targetkan Esports Wakili Indonesia di Olimpiade 2024

0
Sumber Gambar: kemenpora.go.id

Seusai resmi dilantik, Esport Indonesia langsung punya pekerjaan besar, yaitu menggelar turnamen level tinggi, bertajuk Piala Presiden Esports 2020, yang rencana akan diadakan pada 1-2 Februari 2020 di ICE BSD Tangerang.

Jelang turnamen diputar, panitia pelaksana pun mendatangi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), demi mendapat dukungan dan restu.

Menpora Zainuddin Amali yang menerima langsung di ruang kerjanya, Selasa (21/01), mengatakan bahwa memberikan dukungan penuh atas kegiatan tersebut.

Menurutnya, Esports punya potensi, menjadi cabang olahraga unggulan yang bisa membanggakan masyarakat Tanah Air ke depannya.

“Esports telah diperlombakan di turnamen-turnamen besar seperti Asian Games 2018 dan SEA Games 2019. Kemudian Esport akan dipertandingkan di Olimpiade Paris di tahun 2024. Cabang olahraga ini terbukti banyak melahirkan atlet bertalenta. Potensi ini harus dirawat dengan berbagai kejuaraan,” katanya.

Menpora melanjutkan, bahwa dia cukup takjub dengan perkembangan Esports yang sangat pesat. Apalagi baru beberapa hari yang lalu PB Esports dikukuhkan, dengan duduk sebagai Ketua adalah Jenderal Polisi Budi Gunawan.

“Dengan dikukuhkan Esports ini maka cabang olahraga ini akan menjadi andalan kita di Olimpiade 2024 di Paris. Dan kita berharap betul pada atlet-atlet untuk mempersiapkan diri, bukan hanya keterampilan memainkan games tapi secara fisik juga harus dipersiapkan,” tambahnya.

Direncanakan final nasional Piala Presiden Esports 2020 akan diikuti 29 atlet. Nantinya, para pemenang dari babak final, akan menjadi wakil Indonesia dalam menghadapi atlet – atlet regional Asia Tenggara, dalam kualifikasi ASEAN Esports menuju ke Kejuaraan Dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here