Mengintip Venue SEA Games 2019 Yang Memiliki Fasilitas Kelas 1

0

Gelaran perlombaan SEA Games bakal digelar di New Clark City Sports Hub atau yang juga bisa disebut New Clark City Sports. Kompleks olahraga seluas 50 hektar ini didirikan di daerah Capas, Tarlac, Filipina.

Peletakan batu pertama dilangsungkan pada 23 Januari 2018, namun secara resmi pengerjaannya dimulai pada 15 Maret 2018. Projek rampung sekitar bulan Juli – Agustus 2019 lalu dan menjalani serangkaian tets lapangan pada bulan Oktober ini.
Jadi pembukaan SEA Games 2019 nanti sekaligus menjadi peresmian kompleks olahraga anyar kebanggan masyarakat Filipina tersebut.

Untuk fasilitas, kompleks olahraga ini memiliki Aquatic Center, Athletes Vilage, National Sports Training Center dan pusat utama Stadion Atletik New Clark City.

Stadion Atletik New Clark City, venue utama gelaran SEA Games 2019. Stadion berkapasitas 20.000 orang tersebut memiliki desain mewah futuristik yang terinspirasi dari Gunung Pinatubo yang dihiasi dengan corak lahar gunung dibagian interior dan exteriornya.
Soal fasilitas jangan ditanya. Stadion ini memilki satu buah lapangan sepakbola, sembilan jalur trek lari, trek pemanasan sintetis dan juga fielduntuk menyelenggarakan olahraga atletik dan cabor lain.

Dengan semua kemewaan tersebut stadion ini telah memiliki sertifikasi kelas satu dari Asosiasi Internasional Federasi Atleti (IAAF). Artinya stadion ini tidak hanya layak untuk menyelenggarakan SEA Games, namun juga Asian Games dan bahkan Olimpiade.

“Ketika saya pertama kali melihat fasilitas baru dari Stadion ini, saya ingin menjadi atlet lagi. Selama saya berkarier sebagai atlet, saya tidak pernah mendapatkan fasilitas semacam ini,” ungkap Sean Guevarra, pelatih tim atletik Filipina seperti dilansir dari Bola.com.

Selain stadion, Aquatic Center dari New Clark City Sports Hub pun memiliki fasilitas yang luar biasa. Bahkan digadang setara dengan kualitas venue Olimpiade London 2012 silam. Kolam ini pun mendapatkan pengakuan berupa sertifikasi kelas 1 dari Federasi Renang Internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here