Mengenang Pelari Jarak Dekat Indonesia, Sarengat

0

Setelah sekian kali melewati Asian Games dengan medali perunggu, barulah di Asian Games tahun 1962, Indonesia bisa meraih emas. Salah satu emas raihan Indonesia didapat dari nomor 100 m sprint putra cabang olahraga atletik atas nama Sarengat.

Sarengat adalah seorang atlet kelahiran Banyumas, 28 Oktober 1940. Kemahirannya dalam olahraga membuatnya terpilih untuk memperkuat tim sepak bola Indonesia Muda di Surabaya walau pun kemudian tidak berkembang. Sebaliknya, ketika Sarengat beralih ke atletik, bakat dan kerja kerasnya mampu membawanya menjadi sprinter tangguh. Selain meraih emas di nomor 100 m putra, Sarengat pun menyabet emas di nomor lari gawang 110 m Asian Games 1962.

Kariernya yang cemerlang di atletik dibarengi karier cemerlang di bidang akademis. Sarengat mendapat beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan berhasil fokus untuk menyelesaikan kuliahnya dengan baik di tahun 1971. Sarengat pun bekerja sebagai dokter tentara AD dan pernah menjadi dokter pribadi Wakil Presiden di tahun 1973 sampai 1983.

Sempat menjadi pengurus di Persatuan Atletik Seluruh Indonesia dan KONI Pusat, Sarengat meninggal pada tanggal 13 Oktober 2014.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here