Mengenang Kejayaan Sriwijaya Melalui Venue Olahraga

0

Indonesia akan segera menggelar Asian Games 2018. Salah satu venue yang dipersiapkan dalam ragka menyambut hajat olahraga antar negara se-Asia itu adalah Stadion Gelora Sriwijaya, di Palembang.

Stadion Gelora Sriwijaya merupakan stadion yang berada di Kompleks Olahraga Jakabaring. Stadion ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2004, sebagai pendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional 2004. Selain stadion sepak bola, di kompleks olahraga terbesar ketiga di Indonesia ini dilengkapi fasilitas lain seperti kolam renang, fasilitas senam, hingga landas pacu balap sepeda.

Stadion ini memakai nama Sriwijaya untuk mengenang kejayaan kerajaan tersebut di sekitar abad 7 sampai 13. Stadion yang berada di kawasan Jakabaring, sekitar 7 km dari pusat Kota Palembang ini mempunyai kapasitas sekitar 27.000 kursi. Saat ini, Stadion Gelora Sriwijaya sedang dipersiapkan untuk menghadapi Asian Games 2018 mendatang. Rencananya, stadion yang menjadi kandang tim Sriwijaya FC sejak tahun 2004 tersebut akan menjadi tempat dilangsungkannya pertandingan sepak bola putri.

Selain Asian Games 2018 yang sudah ada di depan mata, banyak pertandingan internasional yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya. Misalnya, stadion ini menjadi stadion pendukung bagi lancarnya perhelatan Piala Asia 2007, dan SEA Games 2011. Di tahun 2014, stadion ini pernah menjadi tempat berlangsungnya final Liga Super Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here