Mengenal Tim Indonesia yang Akan Berlaga di ANOC 2019

0

Indonesia resmi memberangkatkan 12 atlet untuk berlaga di ANOC World Beach Games (AWBG) 1 2019 di Doha, Qatar 12-16 Oktober mendatang. Kotingen Indonesia tersebut dilepas langsung oleh Plt Mentri Pemuda dan Olahraga Hanif Dhakir. Atlet-atlet tersebut bakal bertanding untuk berebut emas pada tiga cabang olahraga, yakni basket putri (4 orang), karate (2 orang), dan voli pantai putra (6 orang). Atlet-atlet terbaik ini juga akan didampingi empat orang offisial.

12 atlet yang terpilih pun bukan sembarangan. Mereka adalah aktor-aktor lapangan yang memiliki nama besar di cabang olahraga masing-masing. Belum lagi sebelum terpilih mereka harus mengikuti babak kualifikasi yang sangat ketat. Berikut ini sedikit ulasan apa saja pencapaian 12 atlet dari masing-masing cabor.

Basket 3X3 Putri
Pada cabang ini ada Indonesia diwakili oleh empat orang pembasket jempolan, yakni Jovita Elizabeth, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Dyah Lestari dan Faizzatus Shoimah. Keempatnya merupakan pebasket putri langganan timnas dan diproyeksikan sebagai wakil Indonesia diajang SEA Games 2020 di Filipina.

Soal prestasi tim basket putri janga ditanya, Jovita Elisabeth dan kawan-kawan sudah sukses menyabetjuara dua U23 National League di Mongolia, juara 2 U23 National League di Jepang, juara 1 3×3 Streetball Master U23 di Weert, Belanda, dan juara 2 3×3 Streetball Master U23 di Utrecht, Belanda.

Karate Kata Putri
Pada cabang olahraga karate Indonesia mengirimkan Nawar Kautsar Matsura di katagori Kata Putri. Nawar biasa ia dipanggil merupakan andalan Indonesia di ajang AWBG 2019 kali ini. Ia menjadi satu-satunya atlet yang ditarget emas pada edisi perdana ini.

Target medali emas bukanlah tanpa pertimbangan. Dara kelahiran November 1995 tersebut sudah banyak menyumbangkan gelar bagi Indonesia. Salah satunya adalah medali emas pada Kata Perseorangan Putri Junior di Kejuaraan Karate Asia Tenggara 2013 silam.

Terakhir ia menorehkan tinta emas di Kejuaraan Karate Asia di Yordania tahun 2018. Prestasi tersebut mengantarkannya bertenger diposisi keempat karateka putri terbaik di Asia (AKF).

Karate Kata Putra
Pada Kata Putra Indonesia bertumpu pada Ahmad Zigi Zaresta Yudha. Meskipun rangkin di Asia tak setinggi Nawar, namun Zigi juga memiliki prestasi yang tak remeh. Tercatat ia dua kali menyabet medai perunggu di Karate1 Series A – Shanghai 2018 dan 16th AKF Senior Championship 2019 di Tashkent, Uzbekistan.

Tim Voli Pantai Putra 4X4
Tim Voli Putra mengirimkan empat atlet, Tio Kesuma Sentosa, Rendy Ferdian Ricardo, I Ketut Ardana, Yossi Ariel Firnanda, Gunawan Dewantoro, dan Yogie Hermawan.

Cabang Voli Putra memang tak pernah terdengar gaungnya dalam beberapa tahun terakhir. Namun merema memiliki sejarah menjadi peringkat ketiga Kajuara Dunia Voli Pantai 4X4 di Taiwan 1993 silam.

Selain itu atlet-atlet yang terpilih pun bukanlah atlet sembarangan. Sebut saja Rendy Ferdian Ricardo yang merupakan jawara di Asia Pasifik U-21 di India pada Mei 2013 silam. Atau I Ketut Ardana yang berhasil meraih medali emas di POMNAS 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here