Mengenal Tari Ratoeh Jaroe, Tari di Pembukaan Asian Games 2018

0

Keindahan dalam keberagaman Indonesia benar-benar dituangkan dalam acara pembukaan Asian Games 2018. Setelah dibuka dengan akting apik dari Presiden Joko Widodo, acara beralih ke pergelaran seni budaya, defile atlet, sampai penyalaan obor oleh mantan atlet bulutangkis, Susy Susanti.

Pergelaran seni budaya yang menggambarkan kekayaan etnis di Indonesia, dibuka oleh penampilan para penari yang membawakan tarian asal Aceh, Ratoeh Jaroe. Tarian ini menjadi tari pertama yang membuka pesta seni dalam pembukaan pesta olah raga se Asia itu. Para penari duduk dan menggerakkan badan dan tangan dan membentuk banyak formasi warna secara dinamis.

Berbeda dengan tari Saman, tari ini dibawakan oleh para perempuan saja. Tari ini dilakukan dengan penuh semangat sebagai gambaran tentang interaksi kehidupan sehari-hari dan kekompakan masyarakat di Aceh. Hal ini tercermin saat penari melakukan gerakan bertepuk tangan secara berirama serta kekompakan yang mereka tampak kan saat melakukan gerakan-gerakan yang bisa membuat para penonton yang melihat terkesima.

Dalam acara pembukaan Asian Games 2018, para penari mengenakan busana dengan beragam warna mulai dari abu-abu, merah, putih, ungu. Warna-warna ini membuat gerakan terlihat sangat dinamis dan menggambarkan kebhinekaan Indonesia. Dilansir dari Viva.co.id, sebanyak 10.500 meter kain bahan dipersiapkan untuk kostum para penari yang jumlahnya mencapai 1.500 penari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here