Mengenal Pebasket Cantik Ayu Sriarta, Andalan Tim Indonesia di ANOC 2019

0

Perkenalkan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, salah satu penggawa tim Nasional Indonesia yang akan tampil diajang Basketball 3X3 Girl, ANOC World Beach Games di Doha, Qatar 2019 ini. Meskipun masih muda namun dara yang biasa disapa Ayu tersebut sudah melambungkan nama Indonesia diberbagai kompetisi Internasional.

Dara kelahiran Klungkung 20 November 1998 tersebut menjadi salah satu pebasket putri yang paling sering dipanggil mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia. Selain Ayu ada Jovita Elisabeth, keduanya sering dilibatkan untuk mewakili nama Indoensia dalam kompetisi basket 3X3 internasional.

Karena usianya masih muda, Ayu lebih banyak membela timnas kelompok umur. Besama Tim Garuda, gadis berusia 20 tahun tersebut menorehkan sejumlah tinta emas. Mulai dari juara dua U23 National League di Mongolia, juara 2 U23 National League di Jepang, juara 1 3×3 Streetball Master U23 di Weert, Belanda, dan juara 2 3×3 Streetball Master U23 di Utrecht, Belanda.

Jika digali lebih jauh lagi, Ayu memiliki segudang pengalaman dibidang perbasketan. Ia pernah menjadi bagian tim U-18 diajang FIBA Asia U-18 Championship di Bangkok 2016, timnas SEA Games 2017 di Malaysia, FIBA Asian Cup 2018 di Tingokok, tim Asia Games 2018 dan masih banyak lainya. Belum lagi kompetisi level domestik yang sudah menjadi makanan kesehariannya.

Dilansir dari Nusabali.com, Ayu secara tidak sengaja berkenalan basket pada tahun 2010 silam. Tepatnya saat itu ia masih duduk dibangku SD. Kala itu Ayu kecil berkeinginan sebagai seorang penari. Namun dia sering mengantarkan sang kakak berlatih basket, beberap kali ia juga datang menyaksikan saudara bertanding disebuah kompetisi lokal. Dan tak disangka berawal dari kebiasaan tersebut munumbuhkan minat terhadap basket.

Kini Ayu Sriartha sedang menyatukan visi misi bersama Christie Rumambi, Jovita Elizabeth Simon, dan Dyah Lestari untuk berjuang mendapatkan medali emas di ANOC World Beach Games Qatar. Keempatnya juga diproyeksi menjadi wakil Indonesia di SEA Games 2019 di Filipina mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here