Mengenal Olahraga Pentathlon Yang Sukses Sumbang Dua Emas di SEA Games 2019

0

Tim Indonesia, kembali berhasil menambah pundi medali emas di ajang SEA Games 2019 Manila, melalui cabang olahraga modern pentathlon yang dilangsungkan di Subic Bay Boardwalk Filipina, pada Kamis (05/12).

Dua medali emas sukses disumbangkan oleh Tim Indonesia melalui dua atlet modern penthatlon dalam nomor beach laser individu putra dan putri. Namun apakah anda tahu, sebenarnya olahraga seperti apa pentathlon ini?

Dilansir dari Olympic, pentathlon modern diperkenalkan oleh Baron de Coubertin di Stockholm Games pada tahun 1912. Kata penta sendiri berarti lima dan athlon adalah lomba.

Cabang olahraga ini merupakan gabungan dari lima olahraga yang terdiri dari, menembak, anggar, berenang, menunggang kuda dan berlari.Sementara pada penthatlon kuno, olahraga ini adalah gabungan dari berlari, melompat, melempar tombak, cakram dan gulat.Sejak tahun 1912 hingga 1980, olimpiade pentathlon modern diadakan seama lima hari, dengan satu nomor lomba diadakan di setiap harinya.

Dikutip dari Bolasport.com, pentathlon digelar, setelah mendapatkan inspirasi dari bagaimana kebiasaan dan gaya berperang orang Yunani kuno.Pada zaman dahulu atlet pentathlon mendapat penilaian sebagai seseorang yang paling terampil dengan kemampuan super, karena mampu menguasai lima cabang olahraga yang sangat berguna dalam peperangan.

Cabang olahraga ini juga diambil, karena terinspirasi dari kisah prajurit di awal abad ke-18. Dimana saat itu, prajurit Swedia diberi komando untuk bisa pergi ke ujung jalan dengan berkuda. Prajurit tersebut kemudian juga harus bisa berlari untuk menyebrang sungai dengan berenang. Selanjutnya, ia pun harus menembak, serta menaklukkan musuh dengan pedang.

Pentathlon modern sudah menjadi agenda rutin Olimpiade sejak Olimpiade Stokholm 1912 untuk laki – laki.Sedangkan untuk perempuan, olahraga tersebut baru bisa dirasakan hamper 100 tahun kemudian, tepatnya di Olimpiade Sydney 2000.

Sedangkan untuk senjata api yang digunakan sejak tahun 2010, selama Youth Olimpyc Games Singapura, semua pistol diganti dengan pistol laser, menggantikan senjata dengan pellet klasik. Tujuannya, adalah demi keamanan, serta mengurangi kerusakan lingkungan, karena penggunaan peluru timah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here