Mengenal Cabang Olahraga Sambo

0
Sumber gambar: rri.co.id

Satu olahraga baru yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 ada Sambo. Olahraga beladiri ini merupakan olahraga yang cukup asing di telinga orang Indonesia. Sambo merupakan olahraga yang berasal dari Rusia. Merupakan singkatan dari SAMozashchita Bez Oruzhiya, yang berarti “self-defense without weapons”, Sambo diperkenalkan sekitar tahun 1920-an oleh Tentara Merah Uni Sovyet untuk mengembangkan kemampuan bertarung tangan kosong mereka.

Olahraga yang pada awalnya dikembangkan Viktor Spiridonov and Vasili Oshchepkov ini, menjadi cabang olahraga eksebisi di Olimpiade yang digelar di Uni Sovyet tahun 1982. Sayangnya, cabang olahraga yang telah menggelar kejuaraan dunianya dari tahun 1973 ini, belum terdaftar sebagai cabang olahraga di olimpiade.

Di Indonesia, Sambo ada di bawah naungan Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) yang kini diketuai oleh mantan pejudo nasional, Krisna Bayu. Indonesia sendiri tengah mempersiapkan 8 atlet Sambo yang akan bertanding di masing-masing 2 kelas putri dan putra di Asian Games 2018.

Walaupun masih terdengar asing, namun Krisna Bayu yakin cabang ini akan mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia.

“Kami sadar usia Sambo baru seumur jagung. Tapi, kami tidak akan pernah menyerah untuk bisa mempersembahkan prestasi terbaik bagi bangsa dan negara,” ujar Krisna Bayu, seperti yang dikutip dari Tribunnews.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here