Menanti Prestasi dari Pemanah Berdarah Srikandi

0

Piala Asia Panahan 2018 yang diselenggarakan di Bangkok Thailand sudah usai. Indonesia berhasil meraih satu perak dan 4 medali perunggu. Satu perak ini disumbangkan oleh Diananda Chorunisa yang berduet dengan rekannya Riau Ega di ganda campuran nomor recurve.

Diananda Chorunisa merupakan pemanah yang dipersiapkan dan diharapkan mendapatkan medali bagi Indonesia di ajang Asian games 2018. Beberapa prestasi telah ditorehkan oleh perempuan yang akrab dipanggil Anis ini sebelumnya, seperti meraih total 3 emas di SEA Games 2013 dan 2017.

Perempuan berusia 21 tahun seolah dilahirkan sebagai pemanah. Darah yang mengalir di tubuhnya merupakan darah pemanah yang diturunkan dari garis ibu. Keluarga dari sang Ibu, Ratih Widyanti, adalah keluarga pemanah. Adik dari Ibunya Anis bahkan merupakan pemanah legendaris Indonesia, Lilis Handayani yang merupakan bagian dari trio srikandi yang merebut perak Olimpiade 1992 di Barcelona. Dari sang ibu itulah, Anis mengenal panahan untuk pertama kali. Anis mulai mengenal dan berlatih panahan sejak SD. Lapangan panahan KONI Surabaya menjadi tempatnya mengasah kemampuan.

Pada awalnya, Anis sempat bingung untuk menentukan cabang olah raga mana yang akan dia geluti. Pasanya, ayahnya adalah seorang pesilat yang juga membuat Anis sempat tertarik untuk mendalami cabang bela diri itu. Zainuddin, ayah Anis merupakan mantan atlet pencak silat asal Jawa Timur yang pernah meraih perak di SEA Games 1995 bagi Indonesia.

Atas bimbingan ibunya, mahasiswi jurusan Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya itu akhirnya memilih untuk berkarir di dunia panahan. Seperti dilansir Sportanews.com, Anis mengatakan: “Waktu itu, saya dijelaskan sama bapak dan ibu tentang resiko menekuni pencak silat dan panahan. Kalau pencak silat, kata mereka bisa patah tulang sedangkan panahan kulit akan hitam akibat terus berjemur di lapangan. Jadi, saya lebih memilih panahan karena takut patah tulang dan medali yang diperebutkan juga lebih banyak.”

Raihan perak di Piala Asia 2018 tentu saja memberi semacam harapan akan prestasi terbaik di Asian Games 2018. Diananda sendiri, seperti dikutip dari detik.com menargetkan 2 medali emas dari nomor beregu dan mix.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here