Memasuki Bulan Puasa, Lifter EkoYuli Irawan Tetap Fokus Berlatih 

0
Eko Yuli Irawan, Sumber: Rappler.com

Bulan puasa dan pandemi covid-19 tidak menjadi halangan untuk lifter putra andalan Tim Indonesia Eko Yuli Irawan dalam menjalani latihan seperti hari biasanya.

“Latihan saya masih normal saja. Tidak ada yang berubah,” kata Eko, seperti dilansir dari Antara.

Dengan adanya penundaan Olimpiade 2020 Tokyo, serta PON Papua selama satu tahun, Eko menyebutkan bahwa pola latihannya akan bisa lebih ringan. Peraih medali perak di Olimpiade 2016 Rio tersebut mengungkapkan, saat ini beban yang diangkat pun, tidak seberat dari standar latihannya. Eko sendiri tengah berusaha meningkatkan level angkatannya, dari 306 kg ke 310 kg. Menurutnya dari beban tersebut, ia hanya melakukan latihan dengan total sekitar 80 persennya saja.

“Beban yang saya angkat paling yang berkurang. Paling sekarang hanya 80 persen saja, dari beban, sambil maintain pergerakan tekniknya. Selebihnya, fokus ke latihan penguatan otot dan latihan kekuatan saja,” beber Eko Yuli Irawan.

Angkat besi sendiri, merupakan salah satu cabor yang tetap menggelar latihan, di mana saat ini mayoritas cabor justru meliburkan pelatnas, karena pandemic covid-19 yang terus meluas. Angkat besi masih terus rutin melakukan jadwal latihan seperti biasa. Yaitu lima hari dalam sepekan, yang dilakukan pagi-sore di Mess Kwini, Jakarta Pusat.

Penundaan Olimpiade 2020 Tokyo, juga tidak membuat para lifter Tim Indonesia untuk stop berlatih. Apalagi PB PABBSI juga mempunyai target menambah perwakilannya untuk bisa berlaga di pesta olahraga empat tahunan yang penyelenggaraannya diundur hingga Juli 2021 tersebut.

Selain Eko Yuli Irawan, Windy Cantika menjadi lifter kedua yang saat ini memegang tiket ke Olimpiade Tokyo 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here