Medina Warda Aulia, Grandmaster Catur Wanita Termuda Yang Dimiliki Tim Indonesia

0
Sumber Gambar: /Instagram.com/@medinawarda

Grandmaster menjadi gelar yang paling diburu dalam olahraga prestasi catur. Gelar ini akan disematkan para atlet catur yang dinilai memiliki talenta, langsung oleh Federasi Catur Dunia. Saat ini Grandmaster termuda yang dimiliki Tim Indonesia adalah Medina Warda Aulia (23).

Karir Medina di kancah dunia catur nasional sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan di level internasional, Medina sudah banyak memberikan penghargaan bagi Tanah Air.

Awal karir perempuan kelahiran 7 Juli 1997 ini diawali dari kegemaran sang ayah terhadap olahraga catur yang menulari Media sejak kecil. Diketahui memiliki ketertarikan dan bakat di catur, membuat ayah Medina memutuskan memasukkan sang putri ke sekolah catur yang dimiliki oleh salah satu legenda catur Tim Indonesia Utut Adianto pada tahun 2007 yang lalu.

Dengan bimbingan pria yang kini juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) tersebut, bakat Medina semakin terasah, hingga pelan tapi pasti namanya mulai dikenal di level nasional.

Seperti ketika junior, Medina yang saat itu masih 11 tahun,  berhasil meraih gelar juara dunia tingkat pelajar dalam World School Chess Championship di Yunani.

Sementara, gelar Grandmaster sendiri berhasil didapat Medina pada tahun 2013 yang lalu, tepatnya ketika wanita cantik ini masih berusia 16 tahun 2 bulan. Saat itu, dia mendapat gelar Grandmaster Wanita termuda,setelah mengalahkan pecatur asal Rusia. Hal tersebut mengantarkannya menjadi Grandmaster wanita termuda di Tanah Air.

Makin membanggakan lagi dari seorang Medina adalah, selain dia sukses berkarir sebagai atlet level internasional, dia juga baru saja menyelesaikan studinya di jurusan ilmu administrasi, Universitas Indonesia.

Salah satu prestasi terakhir yang paling membanggakan dari Medina di level internasional, adalah berhasil mempersembahkan medali emas di pentas SEA Games 2019 Filipina. Selain juga menghantarkan Tim Indonesia menempati peringkat tujuh pada Liga Catur Dunia yang baru digelar beberapa waktu lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here