Medali Emas Keempat Hendro di 5 SEA Games

0
Sumber foto: Rappler

Cabang olahraga atletik kembali menyumbangkan emas bagi Indonesia. Sampai Senin (9/12) siang, 4 emas, 3 perak, dan 1 perunggu sudah diperoleh dari cabor ini. Medali emas terakhir diperoleh oleh Hendro yang berhasil menjadi juara di nomor jalan cepat 20 km. Dengan waktu 1 jam 31 menit dan 20 detik, atlet asal Medan ini berada di depan Vo Xuan Vinh dari Vietnam dan Nyi Nyi Moe Mine dari Myanmar yang harus puas mendapatkan perak dan perunggu di jalanan kawasan Clark, Filipina.

Medali emas yang didapat hendro Yap ini merupakan medali emas keempat dari lima SEA Games yang diikutinya secara berturut-turut. Hendro menjadi juara di SEA Games 2013, 2015, 2017, dan 2019. Hanya di SEA Games 2011, atlet berusia 29 tahun ini gagal karena hanya meraih perak.

Keberhasilan Hendro ini mendekatkan cabor atletik kepada target medali emas yang mereka patok. Sebelumnya, mereka memasang target untuk meraih 5 medali emas. Empat medali emas yang diraih atletik sampai saat ini diraih oleh Agus Prayogo di maraton putra, Maria Natalia Londa di lompat jauh, Sapwaturrahman dari lompat jauh putra, dan Hendro dari jalan cepat 20 km.

Kemenangan ini merupakan perjuanagan berat Hendro karena mendapat cedera di bagian lutut sebelum Asian games 2018. Seperti yang dikutip dari Kompas, hal ini tidak menyurutkan semangat Hendro untuk tetap berusaha dan berjuang.

”Berada di posisi sekarang tak mudah. Saya berdarah-darah untuk mencapai posisi saat ini. Saya berjuang melawan cedera ACL yang sudah membuat pengapuran di lutut. Tapi, saya tidak pernah putus asa dan tetap berjuang selagi bisa,” ujar Hendro beberapa waktu lalu sebelum SEA Games 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here