Maram Sudarmodjo, Sebuah Perjuangan Peraih Medali di Asian Games Pertama

0
Maram Sudarmodjo (kedua dari kiri). (wikitree.com)

Salah satu medali buat Indonesia di Asian Games Pertama dipersembahkan oleh Maram Sudarmodjo. Pria yang lahir 25 Januari 1928 ini berhasil merebut medali perunggu dalam cabang lompat tinggi putra yang diselenggarakan di National Stadium, New Delhi, India. Satu medali perunggu Maram Sudarmodjo ini merupakan satu dari lima medali perunggu yang diraih Indonesia di Asian Games 1951.

Dalam pertandingan di Asian Games 1951, pemuda berusia 23 tahun ini melompat dengan tinggi lompatan 1,89 m. Tinggi lompatan yang diraih Sudarmodjo ini lebih baik daripada angka yang diraih saat babak kualifikasi beberapa saat sebelum Asian Games, yakni 1,85 m. Sayangnya, lompatan yang diraih Maram belum mampu melewati Angka ini hanya berselisih 2 cm dari peraih perak, Yukio Ishikawa dari Jepang, dan 4 cm dari peraih emas, Andres Franco dari Filipina.

Maram Sudarmodjo adalah seorang anggota TNI AU yang berhasil merebut medali emas di Pekan Olahraga pertama di Solo, tahun 1948. Sebelum bertolak ke Asian Games 1951 dan Olimpiade 1952, pria yang akrab dipanggil Sudar ini berlatih di lapangan Ikatan Atletik Djakarta Raya (IKADA). Dengan menggunakan sepeda, Sudar menuju lapangan yang kini telah menjadi lapangan Monumen Nasional dengan membawa cangkul. Cangkul tersebut dipakai untuk menggemburkan tanah sebelum dipakai sebagai tempat mendarat saat melompati mistar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here