Mantan Karateka Nasional Umar Syarief, Pindah Ke Swiss, Kini Dia Jalani Profesi Baru 

0
Sumber Gambar: http://www.fitnessformen.co.id/

Nama Umar Syarief merupakan salah satu legenda hidup Tim Indonesia, khususnya di cabor karate. Sebagai atlet Umar sudah sukses menorehkan berbagai prestasi mulai dari nasional hingga internasional.

Tercatat Umar pernah meraih medali emas di PON 2000 dan 2008, serta berhasil meraih emas di SEA Games 1997, 1999, 2001, 2003, 2005, dan 2009. Namun tahukah anda, pensiun sebagai karateka, kini Umar justru alih profesi sebagai pelatih profesional Zumba.

Sekarang Umar memang tengah fokus berkarir di dunia Strong by Zumba. Strong by Zumba sendiri merupakan olahraga HIIT (High Intensity Interval Training ) atau ber intensitas interval tinggi. Olahraga ini dilakukan secara kelompok dan di dalamnya banyak berisi latihan pembentukan otot, kardio dan plyometric.

Agar tetap bisa dilakukan dengan semangat dan menyenangkan, Strong by Zumba juga menyisipkan musik sebagai iringannya. Strong by Zumba sendiri sekarang sudah punya nama baru yaitu Strong Nation.

Dijelaskan Umar, bahwa dirinya memiliki ketertarikan kepada Zumba sejak lama, yaitu ketika masih jadi bagian Timnas karate Indonesia. Berpasangan dengan istri yang juga seorang instruktur olahraga, membuat tekad Umar semakin bulat untuk mencoba Zumba.

Setelah tak lagi menjadi karateka, Umar pun ingin mencoba dunia baru. Dan dunia yang jadi pilihannya, adalah menjadi pelatih zumba. Bagi Umar, profesi barunya ini punya banyak hal menantang.

“Challenge-nya buat saya harus berkomunikasi dengan orang. Dulu hanya konsentrasi berlatih dan bermain, Kalau sekarang saya harus memberikan edukasi kepada orang, itu tantangan berat sekali buat saya. Tapi dengan berjalannya waktu, saya bisa beradaptasi, intinya bukan saya tapi partisipan bagaimana caranya untuk membuat partisipan bisa enjoy kelas,” kata pria kelahiran 15 April 1977 itu, seperti dilansir dari Wolipop.

Umar menyimpan harapan, apa yang sekarang dijalankan ini, bisa menjadi inspirasi dari atlet lain, yang mungkin belum memiliki pilihan, setelah tak lagi memutuskan menjadi olahragawan.

Dalam pandangan Umar, seorang atlet tidak harus menempuh karir sebagai pelatih, ketika dia memutuskan mundur dari Timnas.

“Ini lho saya sebagai atlet nasional selama 20 tahun, saya bukan pelatih nasional tapi saya memilih program lain karena kebanyakan atlet di Indonesia tidak tahu arah dan tujuannya ke mana. Dalam arti, ya udah selesai mungkin jadi pelatih nasional dan tidak tahu menyalurkan hobinya. Saya ingin membuka mata para atlet tinggal bagaimana belajar mengedukasi orang dan kapan lagi kalau bukan sekarang. Selain itu kan bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Itu tujuan utama saya,” ujar Umar yang kini tinggal di Swiss dan membuka dojo di negara tersebut.

Umar sekarang mengakui sudah jatuh hati sepenuhnya kepada zumba. Baginya, semua orang bisa melakukan olahraga ini, karena sangat mudah. Bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, bersama siapa saja.

Zumba Strong Nation dipaparkan Umar, sangat bermanfaat untuk bisa melatih otot. Serta manfaat lainnya adalah, setelah menjalankan olahraga ini, pembakaran dalam tubuh bisa terus berlangsung.

“Kita tidur pun dibakar, jadi hormon kita masih aktif membakar kalori. Orang ke gym yang paling banyak dicari itu apa sih? Kan untuk lose weight. Mengapa HIIT training disukai orang walaupun keras karena manfaatnya banyak sekali,” ujar pria yang kini menjadi Master Trainer Strong Nation itu.

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here