Mang Koko, Saat Badminton Ada di Mana-Mana

0

“Badminton dimana-mana
Di kampung jeung di kota
Badminton keur suka-suka
Ngalipur manah sungkawa”

Bulutangkis merupakan olah raga yang cukup terkenal dan memasyarakat di Indonesia. Selain terkenal, cabang olahraga yang menggunakan raket untuk memukul shuttlecock ini memberikan banyak sekali prestasi bagi Indonesia, termasuk di level internasional.

Membaurnya bulutangkis dengan masyarakat Indonesia dituangkan oleh Koko Koswara dalam lagu berjudul badminton. Dengan lirik yang humoris, Seniman asal Indihiang Tasikmalaya ini menulis bagaimana bulutangkis menjadi olahraga populer yang mudah dimainkan, di mana dan kapan saja, baik sebagai olah raga prestasi, maupun olahraga hiburan.

Koko Koswara atau terkenal dengan sebutan Mang Koko merupakan seniman Sunda yang cukup mempunyai nama. Pernah mempunyai perkerjaan di beberapa tempat, Mang Koko menjadi dosen luar biasa di Akademi Seni Tari Indonesia, Bandung, sampai meninggal di tahun 1985. Penghargaan yang pernah beliau terima dari pemerintah adalah Piagam Wijayakusumah dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, kategori Pembaharu dalam Bidang Seni Karawitan di tahun 1971.

Selain menggambarkan permainan bulutangkis dengan humor, Mang Koko menggambarkan jika permainan pukul memukul kok itu bisa dilakukan dengan sederhana dan mudah. Hal ini karena bulutangkis, dekat dengan kegiatan sehari-hari orang Indonesia.

Walaupun dibuat dalam bahasa Sunda, lagu ini dipopulerkan oleh seniman legendaris Betawi, Benyamin Sueb.

Sumber gambar: revalaurencia.blogspot.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here