Maitimo, dan Harapan Sepakbola Indonesia

0
Sumber gambar: foxsportsasia.com

Salah satu terobosan PSSI di beberapa tahun terakhir adalah melakukan naturalisasi dan memberi paspor Indonesia kepada pemain berdarah Indonesia yang tinggal di luar negeri. Salah satu pemain keturunan Indonesia tersebut adalah @raphaelmaitimo.

Pemain berdarah Minangkabau ini mengawali karier profesionalnya bersama klub Dordrecht tahun 2004-2005. Satu musim kemudian, Maitimo pindah ke klub besar Feyernoord Rotterdam selama 3 musim. Pada tahun 2010, gelandang kelahiran 1984 ini berlabuh di Indonesia, tepatnya di klub Bali Devata. Setelah itu, Maitimo bermain di beberapa klub Indonesia seperti: Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persita, Persija, Arema, Persib dan sekarang di Madura United.

Diberikannya paspor Indonesia kepada Maitimo merupakan salah satu cara PSSI untuk mengangkat prestasi sepak bola Indonesia. Prestasi terbaik Indonesia di Asia Tenggara adalah dua kali menjadi juara SEA Games. Di ajang lain, seperti AFF Cup misalnya, prestasi terbaik Indonesia adalah meraih hasil runner up.

Di pertengahan tahun 90-an, pembenahan Sepak Bola Indonesia terus dilakukan termasuk pembenahan kompetisi dan naturalisasi. Bagaimana seorang Raphael Maitimo, Kim Kurniawan, Victor Igbonefo, Ilija Spasojevic diharapkan selain bisa menaikkan prestasi Indonesia, juga dilakukan supaya terjadi transfer ilmu sepak bola kepada pemain-pemain lokal Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here