Lolos Divisi Utama Olimpiade Catur, Tim Indonesia Ditarget Peringkat Tujuh Besar Dunia

0
Utut Adianto, sumber gambar: mustikayasa-news.com

Tim Indonesia untuk cabang olahraga catur, mampu membawa bangga nama Tanah Air, setelah mereka akhirnya lolos ke babak utama di turnamen FIDE Online Chess Olympiad 2020 (Olimpiade Catur Dunia). Kesuksesan ini diukir, setelah sebelumnya Timnas catur melewati babak penyisihan pada pekan lalu, mereka akan berlaga dalam pool A di Divisi Utama Yang dihuni 10 negara.

Pasca lolos dari babak penyisihan, Timnas catur daring Indonesia akan menantang sembilan negara pesaing dari berbagai benua. Perjuangan Tim Indonesia di Divisi Utama Olimpiade Catur akan dilakukan pada 21-23 Agustus 2020. Pool yang ditempati Tim Indonesia terbilang tidak mudah, karena dihuni sejumlah negara dengan tradisi catur yang kuat. Seperti China, India dan Vietnam.

Menurut Kapten Timnas catur, Kristianus Liem, persaingan di pool A bakal berlangsung sengit. Karena sebenarnya semua lawan, ia prediksi akan punya keunggulan. Indonesia kemungkinan hanya akan ada di atas wakil Afrika, yaitu Zimbabwe.

“Kekuatan merata berdasarkan rating pembagian pool. Akan tetapi, persaingan ketat karena ada China, India, dan Uzbekistan yang merupakan jagoan Asia,” papar Kristianus Liem dilansir dari Okezone.com.

Sengitnya persaingan dengan hampir semua lawan Tim Indonesia, membuat Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), GM Utut Adianto, mentargetkan bahwa timnya cukup masuk hingga tujuh besar dunia saja.

Hanya saja Kristianus Liem tetap mematok asa, dan bekerja keras untuk membawa tim yang ia pimpin agar bisa menempati posisi yang lebih baik daripada target yang dipasang oleh GM Utut Adianto.

“Kali ini berat sekali. Pak Utut sampai bilang masuk tujuh besar saja sudah hebat. Tapi, kami akan berusaha yang terbaik agar lebih tinggi dari tujuh,” imbuhnya.

Timnas Catur Online Indonesia akan menurunkan kekuatan terbaik pada pertandingan Pool A Divisi Utama FIDE Online Chess Olympiad 2020. Nama-nama seperti GM (Grand Master) Susanto Megaranto dan IM (International Master) Irine Kharisma Sukandar siap membawa Indonesia bertarung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here