Legenda Bulutangkis Minta Para Atlet Bisa Contoh Dedikasi Atlet Difabel

0
Sumber Gambar: Tempo.co

Cabang bulu tangkis jadi salah satu cabor penyumbang medali emas banyak bagi kontingen Indonesia di ajang Asian Para Games 2018. Total koleksi 6 emas berhasil disumbangkan oleh atlet tepok bulu Tanah Air.  Kondisi tersebut spontan membuat salah satu mantan atlet bulu tangkis nasional, Taufik Hidayat angkat bicara.

Menurut peraih medali emas di olimpiade Athena 2004, semangat atlet penyandang disabilitas patut ditiru oleh atlet lain yang tidak menyandang disabilitas. Ia pun menilai boleh jadi semangat dan motivasi atlet disabilitas lebih besar ketimbang atlet lain.
Bagi Taufik semangat adalah kunci utama, sedangkan urusan menang atau kalah itu urusan belakangan.

“Mereka keinginannya lebih besar dari orang non-disabilitas, itu yang saya tiru. Mereka dengan kekurangan semangatnya besar, soal menang kalah itu urusan lain,” ujar Taufik, dilansir dari Tempo.co.

Taufik sendiri, turut menyaksikan partai final bulu tangkis di Istora, Komplek GBK, Jakarta. Ia memuji performa Dheva juga Fredy, meskipun Fredy gagal ia mengatakan mereka sama-sama bermain apik dan semangat juang tinggi.

Taufik juga melihat keunikan lain di Asian Para Games ada di penontonnya. Menurutnya penonton tidak memberikan komentar negatif, meskipun atlet kontingen Indonesia gagal meraih target, atau medali.

“Antara Asian Games atau Asian Para Games, juga ada semangat yang sama. Jadi gak ada perbedaan,” kata Taufik.

Tak hanya berhenti disitu, Taufik juga mengapresiasi itikad baik dari pemerintah serta asosiasi yang menaungi olahraga penyandang disabilitas. Menurutnya langkah mereka sudah betul dengan tidak membuat dikotomi akses antara atlet disabilitas dan non-disabilitas.

Sebagai informasi, dalam gelaran Asian Para Games 2018, Indonesia berhasil masuk lima besar klasemen akhir. Atlet-atlet penyandang disabilitas Merah Putih tampil membanggakan dan berhasil merebut posisi kelima dengan koleksi 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.  Mereka juga sukses melewati target yang diberikan pemerintah, yakni 16 emas. Atlet-atlet penyandang disabilitas Indonesia juga mampu memperbaiki perolehan medali dan peringkat Asian Para Games edisi sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here