Kontingen Indonesia Tunggu Kejelasan Nasib Medali Emas Dwi Cindy Desana

0
Sumber Foto: tribunolahraga.com

Kontingen Indonesia bakal meminta kejelasan mengenai medali emas cabor dancesport yang diraih Dwi Cindy Desana dari nomor breaking putri. Sebelumnya status medali emas yang diraih Cindy menimbulkan polemik.

Medali emas Cindy diketahui sempat tidak di akui dan tidak dimasukan dalam klasemen medali emas Indonesia. Hal tersebut dikarenakan cabor dancesport hanya diikuti oleh dua negara (NOC). Praktis kedua negara tersebut langsung mengantongi medali emas atau medali perak.

Kini Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Harry Warganegara tengah menunggu klasemen resmi yang akan rilis setelah SEA Games resmi berakhir pada Rabu (11/12/2019) ini. Apakah medali tersebut terhitung, atau tetap tidak dihitung seperti keputusan sebelumnya.

“Nanti kami akan minta penjelasan tertulis dari PHISGOC untuk memastikannya [status medali Cindy]. Kapan? nanti kalau SEA Games 2019 selesai mereka akan kasih klasemen resmi,” ujar Harry seperti dilansir dari cnnindonesia.com.

“Kalau klasemen medali di situs [resmi SEA Games 2019] itu seperti quick count. Tapi resminya nanti ada rapat pleno setelah penutupan. Jadi nanti kita tunggu,” ucap Harry menambahkan.

Kontingen Indonesia sebenarnya sempat menerima keputusan tersebut usai diumumkan di rapat SEA Games. Namun dalam perjalannya ditemui sejumlah kejanggalan sehingga membuat Harry menuntut kejelasan mengenai status medali tersebut.

“Tapi dalam berjalannya waktu, ada cabor yang pesertanya hanya tiga tapi yang partisipasi hanya dua karena yang satu mundur, dan di situ tuan rumah yang dapat medali. Lalu tuan rumah menghitung medali itu,” Harry menjelaskan.

Pria yang lekat dengan kacamatanya tersebut hanya menuntut pihak penyelenggara bersikap fair. Ia menegaskan tidak akan segan mengajukan protes saat rapat pleno nanti.

“Kalau medali kami dihitung, kami diam. Tapi kalau tidak dihitung, ya kami protes,” tutur Harry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here