KONI Berharap Pencak Silat Bisa Ambil Bagian di SEA Games 2019

0
Sumber: mirajnews.com

Kesuksesan cabang olahraga (cabor) pencak silat di ajang multi event Asian Games 2018 lalu diharapkan terus berlanjut di SEA Games 2019 Filipina.

Namun, olahraga bela diri khas Indonesia tersebut tidak ada dalam daftar cabor usulan tuan rumah Filipina untuk SEA Games tahun depan. Dilansir dari Suara Merdeka, Indonesia telah mengirimkan nota protes resmi dan keputusan final atas hal tersebut akan diumumkan pada pertengahan bulan November.

“Saya harap pencak silat agar bisa dipertandingkan di Filipina. Ini akan menjadi salah satu wujud kebersamaan ASEAN di SEA Games,” ungkap Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman.

Pada helatan Asian Games lalu, 14 medali emas sukses dipersembahkan para atlet Pencak Silat sekaligus menjadikan olahraga beladiri khas Indonesia tersebut sebagai penyumbang medali emas terbanyak. Alhasil posisi Indonesia di klasemen terdongkrak sangat signifikan hingga memecahkan rekor medali.

Tono menambahkan, setiap induk cabang olahraga (PB/PP) memang diminta untuk membuat program pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Sekaligus menyusung anggaran untuk menghadapi SEA Games nanti.

“Kami sudah diberikan arahan Kemenpora bahwa November nanti (cabang olahraga) yang ikut SEA Games 2019 segera memberikan program. Tujuannya agar persiapan lebih matang dibanding sebelum-sebelumnya. Saya harapkan susun anggaran biar disampaikan ke Kemenpora agar anggaran bisa diturunkan,” pungkas Tono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here