Keren, Penajam Paser Utara, Bikin Pusdiklat Khusus Olahraga

0
Sumber Gambar: Tribun News

Menyadari pentingnya fungsi pengembangan atlet usia dini untuk menjadi atlet profesional dimasa depan guna menunjang perkembangan olahraga di Indonesia, Pemerintan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat mendirikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) olahraga.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) tersebut secara resmi dilauncing oleh Disdikpora Penajam Paser Utara di Gedung Sekolah Terpadu, Selasa (16/10/2018). Kepala Disdikpora PPU, Marjani mengatakan, Pusdiklat yang dipusatkan di sekolah terpadu ini untuk mengoptimalkan olahraga prestasi ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Untuk sementara ada 8 cabang olahraga yang akan diikuti murid SD-SMP berprestasi di cabang olahraga . Menariknya, awal pendirian Pusdiklat ini hanya ada lima cabang olahraga yang akan dibuka di Pusdiklat namun berkembang menjadi 8 cabor.

“Seperti sepakbola, pencak silat, bulutangkis, bola tangan, bola voli dan karate dan dua lagi cabor yang berprestasi, ” kata Marjani, dilansir dari TribunNews.com

Marjani menambahkan untuk siswa yang akan dibina dalam Pusdiklat tersebut merupakan siswa yang sudah memiliki prestasi minimal di sekolah. Agar bisa lebih maju dalam pelatihan, maka akan direkrut pelatih yang profesional di luar guru sekolah. Namun demikian, ia mengatakan Pusdiklat ini tetap bergabung dengan sekolah terpadu.

Disisi lain, mengenai siswa SMA/SMK yang berprestasi, Marjani mengatakan belum bisa karena harus izin kepada Dinas Pendidikan Kaltim, karena kewenangan mereka sudah diambil alih provinsi.

Sementara itu, Pemkab PPU yang diwaluki Sekda, Tohar menyatakan program Pusdiklat ini merupakan awal karena masih membutuhkan proses yang panjang. Apalagi yang akan dibina merupakan anak usia dini. Namun ia mengingatkan agar mereka nanti tetap mengedepankan dalam bersikap.

“Saya yakin dengan semangat dari anak-anak ini sangat tinggi, sehingga program ini akan menciptakan atlet prestasi dari sekolah untuk Indonesia, ” ucap Tohar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here