Karena Hal Ini, Venue Dayung Asian Games Dinikmati Masyarakat

0
Sumber: Viva.co.id

Usai berlangsungnya Asian Games 2018 lalu, Jakarta dan Palembang yang mendapat kehormatan menjadi kota penyelenggara mendapatkan ‘warisan’ yang tidak sedikit dari perhelatan empat tahunan tersebut.

Beberapa venue perlombaan yang sengaja dibangun, diharapkan akan menjadi saksi bisu perkembangan atlet-atlet nasional di event-event Internasional lainnya. Tetapi tidak itu saja, beberapa tempat bahkan memiliki nilai ekonomis sebagai obyek wisata.

Dilansir dari Viva, PT Jakabaring Sport City (JSC) berupaya memaksimalkan pemanfaatan venue dayung dengan membuka permainan Watersport. Saat ini, permainan sudah dibuka untuk umum dan dapat dinikmati wisatawan. PT. JSC sendiri hanya menyediakan dua jetski bagi para pengunjung. Tetapi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang disebut-sebut akan segera memberikan tambahan jetski.

“Danau di JSC ini sudah terkenal di dunia sebagai venue olahraga air. Demi memaksimalkan pemanfaatan, kita sudah sediakan dua unit jetski. Kita akan tambah lagi, mungkin ada bantuan dari Pemkot Palembang yang memiliki tiga unit jetski,” kata Direktur Utama PT JSC, Meina Fatriani Paloh.

Sebagai upaya mediasi, PT JSC mengundang Walikota Palembang Harnojoyo dan jajaran pemerintah kota untuk mencoba langsung permainan jetski di danau JSC. Orang nomor satu di kota Palembang itu juga merespon positif apa yang diinginkan Meina.

“Pak Harno sangat mendukung olahraga wisata di JSC. Lihat saja beliau sama istrinya sangat antusias saat main jetski di JSC,” imbuh Meina.

Meina mengakui bila kompleks JSC memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Selain jetski, armada banana boat juga akan segera dipersiapkan.

“Jadi semuanya masih dikaji. Apabila semua sudah siap, maka akan dibuka untuk umum,” sambungnya.

Terakhir, pihaknya juga memperlihatkan rencana pembuatan floating market di kanal JSC. Nantinya di atas kanal tersebut akan dibangun restoran yang menghadap ke danau.
Namun Meina mengakui bila potensi hebat JSC untuk menjadi objek wisata membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Utamanya dalam hal pendanaan.

“Kita butuh investor dan dukungan pemerintah mulai dari Pemerintah kota Palembang, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, hingga Pemerintah pusat,” pungkas Meina.

Meski terus menggali potensi wisata olahraga, JSC tetap tidak lupa dengan pemanfaatan venue tersebut sebagai ajang pengembangan prestasi. Tahun depan rencananya akan digelar kejuaraan cano, bowling, triathlon, menembak, dan voli pantai berlevel dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here