Kabaddi, Olahraga Rekreasi dari India

0

Salah satu olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 adalah Kabaddi, yang berasal dari Asia Selatan. Olahraga yang melibatkan tujuh pemain di setiap timnya ini berkembang di banyak kawasan anak benua India, dan merupakan olahraga nasional negara Bangladesh. Olahraga ini diperkenalkan secara tidak resmi oleh tim India di Olimpiade Berlin, 1936.

Karena semakin tumbuh menjadi olahraga modern, Kabaddi mulai berkembang dan dimainkan di negara lain. Di tahun 1978, muncul Asian Amateur Kabaddi Federation yang langsung menyelenggarakan kejuaraan Asia dua tahun setelahnya. Olahraga inipun dipertandingkan secara resmi di Asian Games 1990. Di tahun 2004, sebanyak 31 negara sepakat untuk membentuk organisasi Kabaddi tingkat dunia, dengan nama International Kabaddi Federation. Di tahun yang sama pula, diselenggarakan kejuaraan dunia Kabaddi di Mumbay, India.

Ada kemiripan antara permainan Kabaddi dengan permainan tradisional Indonesia seperti bentengan atau gobak sodor. Di tiap tim yang berjumlah tujuh orang dan tiga cadangan ini, tiap tim bergiliran mengirimkan satu raider/penyerang ke wilayah lawan dengan tujuan menyentuh lawan. Sebaliknya, lawan akan mendapat poin ketika berhasil menangkap raider yang akan kembali ke tempatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here