Jumlah Personal Keamanan SEA Games 2019 Berlipat Ganda

0

Kepolisan Nasional Filipina (PNP) siap mengawal SEA Games 2019 yang akan diselengarakan pada 30 November hingga 11 Desember mendatang. 27.440 personil pun dipersiapkan untuk menjaga keamanan pesta olagara terbesar se Asia Tengara tersebut.
“Jelang SEA Games ke-30, kami mempersiapkan dengan baik untuk pesta olahraga se-ASEAN tersebut. Kami sudah mulai mempersiapkannya sejak tahun lalu,” kata Letnan Jenderal Archie Francisco Gamboa, Ketua PNP seperti dilansir dari Liputan6.com.

Jumlah anggota kemanan tersebut nantikan akan disebar disejumlah titik keramaian. Dengan rincian 18.105 polisi ditempatkan di Metro Manila, 6.554 berada di Luzon Pusat, 1.865 di Luzon Selatan, dan 916 di La Union.

Selain itu selama berlangsungnya SEA Games, Gamboa juga akan menambah sistem pengamanan beberapa titik. Seperti New Clark City, Metro Manila, Laguna, Tagaytay, Subic, dan Bulacan.

Gamboa mengatakan jumlah tersebut belum final. Karena ada sekitar 20 ribu personel tambahan yang akan diterjunkan. Dimana personal tambahan tersebut diambil dari beberapa lembaga yang ditunjuk.

Setiap anggota PNP dan personel tambhan juga dibekali dengan pelatihan khusus agar jalannya pengamanan berjalan sesuai SOP yang diterapkan.

“Kami terus berlatih dan menyempurnakan semua sistem dan prosedur untuk suksesnya acara ini. Kami telah membentuk sistem cadangan untuk mengatasi hal yang tak diinginkan,” tambah Gamboa.

Ditempat terpisah, Mentri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana mengatakan peningkatan personel pengamanan ini adalah bentuk antisipasi pemerintah terhadap hal-hal tidak diinginkan. Meskipun Filipina sedang dalam kondisi yang kodndusif, namun ia tidak ingin mengambil resiko. Sekaligus in imenjadi bukti bahwa Filipina benar-benar serius mensukseskan SEA Games ke-30 ini.

“Walau kami tidak melihat ancaman tersebut, tetapi pencegahan harus tetap dipersiapkan. Kita semua tanpa lelah mempersiapkan event penting ini,” ujar Lorenzana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here