Jelang Piala Asia, Timnas U-16 Segera Gelar TC di  Bulan Juli

0
Sumber Gambar: Bolalob.com

Tim Nasional Indonesia U-16 berencana untuk kembali menggelar pemusatan latihan nasional (Pelatnas) pada awal Juli 2020. Tim yang diarsiteki tersebut mempersiapkan diri, untuk berlaga di turnamen Piala Asia U-16 November-Desember 2020 yang akan datang.

Kepastian Timnas U-16 akan menggelar TC dalam waktu dekat, disampaikan langsung oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Indra mengatakan setelah berdiskusi dengan Bima Sakti, waktu pelaksanaan TC paling ideal adalah pada awal Juli mendatang.

“Kami sudah berdiskusi dengan coach Bima Sakti mengenai program timnas U-16 termasuk TC yang direncanakan awal Juli,” ujar Indra dilansir dari Antaranews.

Meski sudah bisa memperkirakan waktu pelaksanaan. Namun Indra belum bisa mengunci tanggal pasti untuk memulai TC. Menurut mantan pelatih Bali United tersebut, hingga saat ini PSSI masih terus mendiskusikan waktu dan lokasi yang paling ideal, karena harus menyesuaikan dengan pandemi covid-19 yang masih terjadi di Tanah Air.

“Tempat dan tanggal akan ditetapkan berikutnya. Kami lagi mencari lokasi yang benar-benar aman, termasuk mempersiapkan hotel dan lain-lain,” kata pria yang sebagai pelatih membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 itu.

Rencana TC ini, dipastikan Indra juga sudah dikomunikasikan PSSI dengan para pemangku kebijakan, seperti Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kemenpora, Kemenkes dan banyak pihak lainnya.

“Jadi semuanya sedang disiapkan. Kabar terbarunya akan diumumkan nanti,” ujar dia.

Timnas Indonesia sendiri sudah mengunci satu slot di babak final Piala Asia U-16, yang akan dilangsungkan di Bahrain pada 25 November -12 Desember 2020.

Pada kejuaraan tersebut Timnas U-16 akan menghadapi tantangan berat. Karena bergabung satu grup dengan Jepang, China, dan Arab Saudi di Grup D.

Tantangan Bima Sakti dan anak asuhnya bisa dipastikan tidak akan mudah, mengingat Jepang merupakan jagoan di Piala Asia U-16, dengan koleksi gelar terbanyak, yaitu tiga kali pada 1994, 2006 dan 2018.

Sementara, China dan Arab Saudi juga sudah dua kali merasakan gelar junior tertinggi di level Asia tersebut.

Sementara, torehan terbaik Pasukan Garuda sepanjang sejarah di Piala Asia U-16, adalah berhasil masuk di empat besar pada 1990. Sedangkan pada 2018, Timnas menembus babak perempat final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here