Jelang Pelatnas Olimpiade, PB Perpani Coret Tiga Nama Atlet 

0
Sumber Gambar: akurat.co

Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani) mengambil keputusan besar, dengan mencoret tiga atlet nya dari Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Olimpiade Tokyo. Riau Ega Agata Salsabila, Diananda Choirunisa dan Asiefa Nur Haenza dicoret dari Pelatnas setelah dinilai Perpani ketiganya melanggar aturan federasi panahan Indonesia tersebut.

Kepastian pencoretan tiga atlet panahan tersebut dituangkan dalam surat resmi PB Perpani dengan nomor 210/KU/PB PERPANI/VIII/2020, tanggal 8 Agustus 2020, terkait Pencoretan Nama sebagai Atlet Pelatnas Olimpiade 2020.

“PB Perpani mencoret nama Saudara/Saudari atlet Pengprov Jawa Timur sebagai atlet Pelatnas Olimpiade 2020 dan mencabut Surat Keputusan Nomor 13 Tahun 2020 tanggal 30 Juni 2020 tentang Penetapan Atlet dan Pelatih Pelatnas Persiapan Olimpiade 2021,” demikian pernyataan surat keputusan yang ditandatangani Ketua Umum PB Perpani Illiza Sa’aduddin Djamar, seperti dilansir dari Medcom.com.

Tiga pemanah nasional tersebut, sebelumnya sudah mendapat penetapan, sebagai atlet yang telah disetujui mendapatkan posisi dan fasilitas dalam Pelatnas, berdasar nota kesepahaman yang sebelumnya dicapai antara PB Perpani dengan Kemenpora.

Sebelumnya, PB Perpani juga sudah mengeluarkan surat bernomor 167/KU/PB.PERPANI/VII/2020 tanggal 16 Juli 2020 perihal Pemanggilan Mengikuti Pelatnas Olimpiade 2020.

Hanya saja, ketiga nama tersebut tidak memberikan respon terhadap pemanggilan resmi, sehingga PB Perpani harus mengeluarkan surat peringatan pertama pada 2 Agustus tentang Teguran dan Peringatan I.

“Dikarenakan Saudara/Saudari tidak memenuhi pemanggilan PB Perpani untuk mengikuti Pelatnas Olimpiade 2020, dan tidak taat dengan aturan dan keputusan PB Perpani, serta telah menyampingkan kepentingan negara, maka PB Perpani akan memproses sanksi kepada Saudara/Saudari sesuai dengan ketentuan AD/ART dan kebijakan PB Perpani,” tulis surat dari PB Perpani

PB Perpani sendiri sudah mendapatkan izin dan persetujuan dari pemerintah dalam hal ini Kemenpora untuk bisa menjalankan Pelatnas proyeksi Olimpiade dan juga SEA Games 2021 Vietnam. Hal ini termasuk pelatihan dan segala fasilitas bagi delapan atlet, tiga pelatih dan enam ofisial.

Sampai sekarang PB Perpani sudah berhasil mendapatkan dua tiket Olimpiade dari nomor recurve perorangan putra dan putri. Namun sampai sekarang, nama – nama atlet yang akan dikirim mewakili Tim Indonesia di pesta olahraga terbesar sedunia tersebut belum dipastikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here