Jelang Lawan Myanmar di Semifinal, Ini Catatan Bagus Timnas Indonesia

0
Sumber Gambar: goal.com

Timnas Indonesia rupanya memiliki catatan menarik selama perhelatan SEA Games Manila 2019. Tim yang dilatih Indra Sjafrie tersebut berhasil mencetak 9 gol dalam 30 menit terakhir, dalam lima laha di fase grup SEA Games 2019. Hal ini tentu menjadi catatan bagus, jelang Timnas kontra Myanmar di semifinal pada Sabtu (07/12).

Timnas Indonesia U-23 sejauh ini memang menjadi salah satu tim paling produktif di ajang pesta olahraga antar Negara Asia Tenggara tersebut. Garuda Muda berhasil membuat 17 gol hanya dari lima pertandingan. Jumlah ini sama persis dengan catatan Vietnam yang lolos sebagai juara grup, dengan didampingi Indonesia sebagai runner up.

Cukup menarik, karena dari 17 gol tersebut, sembilan diantaranya bisa diciptakan 30 menit jelang laga berakhir. Dimana Osvaldo Haay sendiri kini jadi top skor Indonesia dengan tujuh gol.

Pemain muda asal klub Persebaya Surabaya tersebut, membuat empat dari total tujuh gol di babak penyisihan, ketika laga sudah berlangsung lebih dari 60 menit. Sementara lima gol lain dicatatkan oleh Egy Maulana Vikri (3 gol), Asnawi Mangkualam, Witan Sulaiman, Andy Setyo dan Bagas Adi Nugroho.

Produktif nya Timnas Indonesia di 30 menit terakhir, adalah paling tertinggi dibanding dengan catatan Indonesia dalam dua periode sebelumnya dalam 90 menit laga. Evan Dimas dkk hanya bisa mencetak empat gol dari menit pertama sampai ’30.

Empat gol sama juga dihasilkan para pemain Tim Nasional Indonesia ketika pertandingan berlangsung sejak menit ke ’31 – ’60.

Lagi – lagi dalam dua periode awal ini Osvaldo Haay masih menjadi pemain paling produktif dengan catatan dua golnya. Sedangkan dua gol yang lain diciptakan oleh Egy Maulana dan Saddil Ramdani.

Sementara dari kubu calon lawan, Timnas Myanmar justru terlihat kurang produktif dalam mencetak gol. Mereka hanya mencatatkan delapan gol dan kemasukan empat gol. Tim yang dilatih Velizar Popov ini belum pernah mendapatkan catatan clean sheet, karena selalu berhasil kemasukan gol oleh lawan –  lawannya selama fase grup.

Jala gawang tim dengan julukan Macan Asia ini secara bergantian berhasil dibobol oleh Malaysia, Filipina, Timor Leste dan Kamboja. Empat gol lawan, selalu berhasil tercipta di 45 menit pertama.

Tentu saja, sudah seharusnya, statistik Myanmar ini bisa menjadi celah bagi Osvaldo Haay dan rekan – rekannya, untuk bisa mengamankan tiket ke babak final di SEA Games 2019 kali ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here