Jakarta Swimming Competition 2018 Jadi Media Pencarian Bakat Atlet Nasional

0
Sumber Gambar: www.viva.co.id

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PSRI) kian serius untuk menyiapakan atlet pfroseional masa depan bagi Indonesia  berkelanjutan dengan mengakomodir atlet-atlet berbakat usia dini lewat berbagai kejuaraan.

Terbaru, PB PSRI menggelar kompetisi renang bertajuk Jakarta Swimming Competition yang digelar di venue akuatik Gelora Bung Karno pada 18 hingga 21 Oktober 2018 lalu.
Dalam kompetisi tersebut diikuti 800 orang, Menariknya kompetisi tahun ini sukses menyedot animo peserta lebih besar dibanding tahun 2017 lalu. Kondisi ini menjadi menarik karena meningkatnya peserta terjadi pasca perhelatan Asian Games 2018 yang seolah jadi pembangkit minat para atlet.

Ketua pelaksana JSC, Albert Sutanto menjadi faktor pendukung untuk mempermudah mencari bibit potensi atlet nasional. Diketahui tahun 2017 lalu. Jumlah peserta sekitar 350 orang.

“Tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta lebih dari 100 persen. Kompetisi ini juga bisa menjadi wadah untuk mencari atlet untuk diikutkan ke Pelatnas,” kata Albert, dilansir dari VIVA.co.id.

Hal ini juga diakui oleh Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin Rahardjo yang dalam ajang tersebut ikut turun di kelas master.

“Menyenangkan bisa turun di kelas master bisa memotivasi perenang muda untuk berprestasi. Untuk kompetisi ini bukan tidak mungkin PRSI ambil sebagai atlet nasional, kami akan pantau,” timpalnya.

Disisi lain, pasca perhelatan Asian Games 2018, PB PSRI kini tengah menggodok program untuk menghadapi perhelatan SEA Games 2019 hingga Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Program yang telah dipersiapkan tersebut yakni program Pelatnas.

Menurut kepala bidang pembinaan dan prestasi PB PSRI, Wisnu Wardhana, Pelatnas kini telah aktif dengan komposisi baru. Hal tersebut berdasarkan evaluasi sian Games lalu yang menorehkan 11 rekor nasional akan diberlakukan sistem degradasi.

Sementara itu tim renang Indonesia yang dibesut oleh Alber G. Sutanto bersama pelatih asing David Armandoni tengah fokus untuk menambah jam terbang dengan serangkaian uji coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here