Jaga Tren Positif Polo Air, PB PRSI Gelar Liga U-16

0

Kesuksesan tim Indonesia di cabor polo air pada SEA Games 2019 dengan memecahkan rekor meraih medali emas, menjadi inspirasi agar olahraga aquatic ini bisa terus terjaga dan ditingkatkan prestasinya.

Seperti diketahui, tim polo air Indonesia baru saja mengukir sejarah dengan raihan medali emas pada SEA Games 2019 di Filipina. Pada 2018 di pentas Asian Games, polo air Indonesia juga sukses menembus babak delapan besar.

Dua prestasi tersebut dinilai sebagai momentum yang tepat untuk bisa menggelorakan olahraga polo air di Tanah Air. Salah satunya, adalah dengan gelaran Liga Polo Air yang baru pertama kali akan diadakan di Indonesia.

Disampaikan Ketua Penyelenggara Liga Polo Air, Wisnu Wardhana, bahwa liga ini akan mulai pada 3 Maret 2020, dan sementara khusus untuk Jakarta dengan kelompok usia 16 tahun.

“Usia 16 tahun sangat pas hingga nantinya di tahun 2032 akan mencapai golden age 27-28 tahun. Jika Indonesia berhasil memenangkan bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, maka kami siapkan membentuk Timnas sejak usia dini,” papar Wisnu dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020, seperti dikutip dari tempo.co.

Disamping Wisnu, sesi jumpa pers di Stadion Akuatik dihadiri Waketum PB PRSI Harlin E Rahardjo , Komtek Polo Air PB PRSI Dean Baldwin, dan pengurus dari PRSI DKI Jakarta.
Diutarakan oleh pelatih nasional polo air Dean Baldwin, rencana Liga Polo Air U-16 akan berlangsung di Stadion Akuatik Bung Karno Jakarta.

“Kita bukan bermimpi, tapi punya rencana besar untuk membentuk timnas polo air yang kuat. Tidak hanya di Jakarta, kami juga akan membuat Liga Polo Air di beberapa kota besar lainnya,” imbuh Dean yang sukses menghantarkan Timnas polo air meraih emas di SEA Games 2019 Filipina.

Sembilan tim yang akan bertanding di Liga Polo Air adalah Jaq, Pari Sakti, Millenium Aquatic, Indonesia Star Aquatic, Bina Taruna, Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, Tirta Taruna, Kuda Laut.

Liga ini di gelar mulai 3 Maret 2020 dan bertanding seminggu sekali.
“Jadwalnya setiap Selasa malam pukul 19.00 – 21.00 WIB selama 11 pekan. Dan babak final dilangsungkan usai lebaran,” ujar Dean.

Sementara Harlin E Rahardjo menyampaikan Liga Polo Air akan menjadi media yang positif dalam pembinaan berkelanjutan polo air di Indonesia.

“Yang pertama masyarakat kenal dulu dan polo air semakin popular. Kemudian seiring dengan Liga berjalan, akan muncul bibit-bibit polo air yang banyak. Ini bagus untuk pembinaan polo air, karena kita juga ingin mencetak sejarah baru mempertahankan medali emas polo air di SEA Games 2021,” papar Harlin dalam rilis PRSI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here