Jadwal 2021 Padat, PBSI Prioritaskan Olimpiade Tokyo

0
Sumber: Antara

Tahun 2021 akan menjadi tahun padat bagi dunia olahraga, salah satunya adalah bulutangkis. Hal ini terjadi, karena Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) sudah menunda jadwal berbagai kejuaraan di tahun 2020 ke 2021, seperti Piala Thomas & Uber, serta seri Asia, yang terdiri atas Asia Open I, Asia Open II dan World Tour Finals.

Selain itu, penyelenggaraan Olimpiade Tokyo yang seharusnya diadakan pada 2020, juga diundur ke tahun 2021 akibat pandemi Covid-19. Sedangkan pada jadwal BWF terbaru, juga tertera jadwal dua kejuaraan penting di tahun 2021, yaitu Piala Sudirman dan Kejuaraan Dunia.

Fenomena ini sendiri langsung disikapi oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dengan membuat skala prioritas. Yaitu, mana saja kejuaraan yang menjadi target utama, begitu juga dengan pemain-pemain mana saja yang akan dikirimkan ke kejuaraan apa.

“Banyak turnamen yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan di tahun 2020 dan kami menghargai keputusan BWF karena pertimbangan utama pasti kesehatan dan keselamatan atlet,” kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PBSI Susy Susanti, dilansir dari laman resmi PBSI.

“Antisipasi dari PBSI adalah pengaturan penetapan target dan pengiriman pemain, mana saja yang harus diutamakan. Terutama mereka yang masih butuh poin ke olimpiade, tentu akan beda dengan mereka yang sudah amankan ke olimpiade, seperti Kevin (Sanjaya Sukamuljo)/Marcus (Fernaldi Gideon), misalnya,” lanjut Susy.

Susy juga menyampaikan, bahwa seluruh pebulutangkis harus bisa mengantisipasi sejak dini padatnya kejuaraan di tahun depan, dengan terus menjaga kondisi fisik sebaik – baiknya, khususnya nanti menjelang berbagai turnamen prioritas di 2021.

Jika dibuatkan urutan, maka skala prioritas turnamen bagi PBSI adalah: Olimpiade, Piala Thomas & Uber, Piala Sudirman serta Kejuaraan Dunia dan All England.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here