IWS Umumkan Jadwal Kualifikasi Baru, Angkat Besi Optimis Loloskan 5 Atlet Ke Olimpiade Tokyo

0
Sumber: Tribun News

Komite Olahraga Internasional (IOC) sudah resmi mengeluarkan usulan jadwal revisi kepada Komite Angkat Besi Internasional (IWS) untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo.
Dilansir dari Tokyo2020.org, kualifikasi Olimpiade, rencana akan berlangsung selama tujuh bulan, yaitu per 1 Oktober 2020 sampai 30 April 2021.

Keputusan ini, berarti, membuat berbagai kejuaraan yang sebelumnya tertunda dan batal akibat pandemi covid-19, akan kembali bisa mendapat penjadwalan ulang. IWF juga berani memberikan jaminan, jika poin yang sebelumnya sudah dikumpulkan para lifter peserta kualifikasi tidak akan hangus, dan tetap dihitung pada kualifikasi baru nanti.

Situasi ini membuat lifter kini tetap memegang peluang untuk bisa meraih tiket lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo, yang diadakan pada tahun 2021 mendatang. IWF juga mengeluarkan pernyataan, bahwa lifter yang sudah memegang tiket lolos dari kualifikasi, diharapkan masih bisa mengikuti minimal satu event pada jadwal terbaru mendatang.

“IWF menyadari kerja keras para lifter dan semua orang yang mendukung untuk bisa tampil di Tokyo 2020. Menjaga progres lifter adalah hal vital untuk kami, termasuk memastikan bahwa setiap orang memiliki peluang sama seperti sebelum pandemi,” kata Presiden Acting IWF Ursula Papandrea.

Sementara dari Tanah Air, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid binpres) PB PABBSI Alamsyah Wijaya juga langsung merespon keputusan IWF tersebut. Dirinya optimis, jika atlet – atlet Tim Indonesia akan bisa mengikuti kualifikasi dengan baik.
PABBSI sendiri, sekarang sudah memiliki tiga nama atlet yang sudah memastikan tempat di Olimpiade Tokyo. Mereka adalah, Eko Yuli Irawan (61 kg), Windy Cantika Aisyah (49 kg) dan Nurul Akmal (+87 kg).

Dengan keputusan terbaru IWF ini, saat ini menurut Alamsyah PABBSI akan mentarget bisa menambah dua atlet lagi yang lolos ke ajang olahraga terbesar di muka bumi tersebut. Sehingga harapannya, total ada lima atlet nasional yang ke Tokyo.

Harapan tersebut akan digantungkan dari dua kejuaraan yang akan berlangsung. Yaitu kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior yang akan diikuti Cantika dan Erwin Abdullah (73 kg). Juga masih ditambah Kejuaraan Angkat Besi Asia, yang akan memberangkatkan Eko Yuli dan Triyatno (73 kg).

“Kami yakin dua lifter lagi bisa lolos,” kata Alamsyah seperti dikutip dari KalbarOnline.com.

Lebih lanjut PB PABBSI berkeinginan bisa terus menjaga tradisi medali angkat besi dalam keikutsertaan di Olimpiade. Besar harapan pada tahun 2021 di Tokyo mendatang, bisa mendulang prestasi yang lebih baik dari Rio 2016. Saat itu angkat besi Indonesia sukses menyumbangkan dua medali perak, dari Sri Wahyuni Agustiani (48 kg) dan Eko Yuli Irawan (62 kg).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here