International Hall, Langkah Nyata NOC Wujudkan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

0
Sumber Gambar: kemenpora.go.id

National Olympic Committee (NOC) Indonesia mengambil langkah besar. NOC membuka International Hall pertama mereka di Tanah Air.

Berlokasi di Lantai 19 FX Senayan, Jakarta, International Hall memiliki desain arsitektur khas Nusantara. Gedung ini diproyeksikan untuk menerima kunjungan delegasi olahraga dari luar negeri.

Ruang pertemuan ini sendiri diresmikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, yang didampingi langsung Sesmenpora Gatot Dewa Broto dan Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Bukan sekedar gedung pertemuan, namun International Hall juga menjadi langkah nyata Indonesia untuk bisa memenuhi target sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Semakin tingginya intensitas pelaksanaan event olahraga internasional di Indonesia, diharapkan Menpora juga bisa mampu membawa dampak positif secara nasional.

“Jika tempat sudah mewah seperti ini, prestasi harusnya bertambah. Di depan kita, banyak event-event olahraga yang perlu ditangani. Mengurus olahraga tidak boleh sambilan seperti dulu. SEA Games dan Asian Games tetap menjadi perhatian, tetapi target utama adalah Olimpiade. Perhatian Presiden luar biasa, sampai Ratas Khusus Olahraga sekarang ada, harus kita sambut bersama secara serius,” tegas Zainudin usai peresmian International Hall, Jakarta, Minggu (2/2/2020), seperti dilansir dari beritasatu.

Tanggal peresmian International Hall yang adalah 02-02-2020 pun disebut akan mencerminkan semangat besar Indonesia dalam mewujudkan diri sebagai calon tuan rumah di Olimpiade 2032.

“Tidak bermaksud apa-apa, pemilihan tanggal dan waktu 02/02/2020 pukul 02:02 PM, apabila dikalikan adalah 12. (Ini menunjukkan) semangat 12 tahun menuju tuan rumah Olimpiade 2032,” ucap Oktohari.

Sebagai jalan mengenalkan Indonesia di mata internasional sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032, International Hall memang sangat kental dengan budaya dan ciri khas Nusantara. Dimana ruang pertemuan ini memiliki latar belakang Merah Putih yang merupakan bendera Indonesia, serta replika Keraton Ratu Boko.

Salah satu ciri khas Nusantara juga adalah nilai luhur kebhinekaan yang selalu menaruh persatuan dan kesatuan sebagai hal yang utama. Dalam persepsi olahraga, di luar banyaknya cabang olahraga yang ada, atlet – atlet Indonesia harus tetap memiliki satu tujuan, yaitu selalu membawa nama bangsa Indonesia menjadi harum di mata dunia.

Sedangkan pengumuman pemenang bidding tuan rumah Olimpiade 2032, masih akan diumumkan pada gelaran Olimpiade Paris 2024 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here