Ini Wujud Dukungan Nyata Kemenkes Terhadap PON XX Papua

0
Sumber Gambar: tabloidjubi.com

Sejumlah persiapan baik sarana dan pra sarana terus dilakukan oleh Pemerintah  Provinsi Papua demi suksesnya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang. Ditengah persiapan tersebut, dukungan pun mengalir dari berbagai pihak, salah satunya adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Melalui Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek disampaikan bahwa Kemenkes RI siap mendukung perhelatan PON XX tahun 2020 yang tak hanya dalam faktor bentuk fisik saja, melainkan bagaimana persiapan sumber daya manusia (SDM), keamanan makanan hingga kesehatan lingkungan.

Nilla juga menambahkan bahwa setiap cabang olahraga yang dilombakan masing-masing harus dibangun posko sesuai dengan cabor yang dilombakan. seperti halnya di Kabupaten Biak yang akan menjadi tempat pelaksaan selam. Untuk itu, Kementrian Kesehatan akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan Provinsi Papua.

“Tadi kami sudah membahas semua itu dengan jajaran pemerintah provinsi Papua, apalagi venue PON ada di beberapa kabupaten/kota, sehingga harus ada posko kesehatan,” kata Nila, dilansir dari tabloidjubi.com

“Yang jelas kesehatan adalah salah satu faktor utama yang dibutuhkan dalam perhelatan PON Papua,” ujarnya.

Nila menambahkan, pelaksanaan PON harus dipersiapkan dan dipikirkan baik-baik oleh seluruh jajaran pemerintahan, mengingat iven empat tahunan ini cakupannya cukup besar.

“Dengan even ini tentu bisa mengangkat Papua untuk lebih terbuka secara nasional, sehingga harus dipersiapkan dengan sangat baik,” kata Menkes Nila Moeloek.

Disisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi yang telah melakukan koordiansi dengan Pemerintah Provinsi Papua mengaku, Papua benar-benar sudah siap sebagai tuan rumah PON XX. Apa lagi perhelatan tersbeut dinilai Imam bakal jadi sejarah karena pertama kali dilaksankan di wilayah timur Indonesia.

“Ini menandakan bahwa Papua betul-betul telah menyiapkan diri untuk menyongsong POPNAS 2019 maupun PON XX. Ini adalah PON pertama di wilayah timur Indonesia, pasti akan menjadi sejarah yang luar biasa bagi Papua,” kata Imam.

Saat ini pembangunan dan perbaikan sejumlah sarana dan pra sarana yang akan digunakan dalam perhelatan PON XX 2020 terus dikebut pengerjaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here