Atlet Renang Indonesia

0
I Gede Siman Sudartawa, Sumber: www.rappler.com

Perenang putra andalan Indonesia I Gede Siman Sudartawa terus intens menambah porsi latihannya usai berlaga di ajang Asian Games 2018 Agustus lalu. Terlebih pada 2019 tepatnya di ajang SEA Games nanti ia ingin meraih target maksimal serta juga ingin mendapatkan tiket ke ajang yang lebih bergengsi yakni Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

Meski sejatinya perenang asal Bali itu sudah pernah mencicipi persaingan kelas dunia saat turun di Olimpiade 2012 London. Namun, atlet 24 tahun itu sangat berhasrat tampil kedua kalinya di ajang Olimpiade.

“Yang pasti saya ingin mencoba (lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo), tapi kualifikasinya itu ada di beberapa kejuaraan,” ujar I Gede Siman Sudartawa dilansir dari suara.com(19/10/2018).

Lebih lanjut, Siman juga mengatakan jika di tahun 2019 nanti ia akan turun di Kejuaraan Dunia Akuatik di Korea Selatan. Dirinya pun menargetkan diri bisa meraih hasil terbaik di ajang itu, karena dari kejuaraan tersebut poin yang didapat sangat berpengaruh untuk Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

“Yang pasti sih tahun depan ada Kejuaraan Dunia Akuatik 2019 di Korea Selatan, saya mau tampil disana (untuk mengumpulkan poin),” imbuhnya.

Pada kesempatan kali ini, Siman berharap, dalam periode persiapan jelang Olimpiade 2020 Tokyo, PRSI bisa memberikan program persiapan yang lebih baik bagi atlet-atlet renang Indonesia. Ia pun berkaca saat dua tahun lalu dirinya memiliki peluang untuk tampil di ajang Olimpiade Brazil namun dirinya gagal lantaran pihak PRSI selaku induk organisasi lebih memilih Glenn Victor Sutanto untuk mewakili Indonesia.

“Saya berharap planning-nya bisa lebih dimantapkan lagi, karena dari dahulu masalahnya sama terus, yaitu kekurangan anggaran,” ujar peraih dua medali emas SEA Games 2017.

Siman sendiri saat ini masih diistirahatkan oleh pelatih kepala hingga Desember 2018 pasca turun dia ajang bergengsi tingkat Asia yakni Asian Games. Selama diberi libur Siman dan perenang nasional yang lain hanya di beri pekerjan rumah yakni latihan secara mandiri dan lebih banyak mengikuti kejuaraan renang di daerah masing masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here