Ini Negara Asia Pesaing Indonesia Untuk Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

0
Sumber gambar: dw.com

Komite Olimpiade Internasional (IOC) memang belum menentukan tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032 mendatang. Tapi Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade di tahun tersebut.

Sebagaimana diketahui, Minat Indonesia untuk menjadi tuan ruma Olimpiade tahun 2032 itu tak lepas dari kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang dihelat di Tanah Air.

“Dengan pengalaman yang kami miliki di Asian Games 2018 ini, maka Indonesia yakin untuk juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah perhelatan yang lebih besar. Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade tahun 2032,” jelas Presiden RI, Joko Widodo, dilansir dari CNNIndonesia.

Hanya saja niat Indonesia untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade tidak akan berjalan mudah. Pasalnya ada negara lain pula yang juga siap mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Negara tersebut adalah Korea Selatan dan Korea utara. Kedua negara itu bersepakat bersatu sebagai pesaing Indonesai untuk pengajuan tuan rumah Olimpiade 2032. Hal tersebut disampaikan Menteri Olahraga Korea Selatan Do Jong-whan, beberapa waktu lalu di Tokyo, Jepang, di sela-sela pembicaraan dengan rekan-rekannya dari Jepang dan China.

Menjadi tuan rumah bersama Olimpiade edisi ke-35, ditargetkan bisa menjadi perkembangan positif dalam sejarah olahraga kedua negara. Sebelumnya di Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyongChang, kedua negara menggabungkan diri dalam tim hoki putri.
Sedangkan pada Asian Games edisi ke-18 tersebut Korea Bersatu ikut dalam dua cabang olahraga, bola basket dan dayung. Pada Asian Games 2018 lalu Korea Bersatu sukses memboyong empat medali 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu dengan menempati peringkat ke-28 klasemen medali.

Meski Korea Bersatu bakal menjadi pesaing, Indonesia masih tetap memiliki peluang besar sebagai tuan rumah Olimpiade tahun 2032. Seperti yang dituturkan Menpora Imam Nahrawi, pihaknya siap melakukan lobi-lobi kepada negara peserta agar mau memilih Indonesia sebagai tuan rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here