Ingin Segera Gelar Pelatnas, Panjat Tebing Tunggu Izin dari Pemprov DKI

0
Sumber Gambar: asiangames.tempo.co

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) berkeinginan mulai menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas) di jakarta International Climbing  Wall Park di Cakung, pada pertengahan Juni 2020 ini. Namun hal tersebut masih menunggu rekomendasi dan izin dari pihak pemerintah daerah setempat.

Hingga saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, memang belum menurunkan izin kepada FPTI untuk bisa menggunakan Jakarta International Climbing Wall Park. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI, Achmad Firdaus belum mengeluarkan rekomendasi izin, karena pihaknya masih harus menggelar rapat koordinasi terlebih dahulu.

“Masih akan dibahas di internal Dispora, ini sesuai dengan Pergub 51,” ucap Achmad seperti dikutip dari Tempo.co.

Dalam Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif, seluruh kegiatan olahraga bisa diadakan dan ditetapkan dahulu dengan Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. Aturan tersebut, tertuang dalam pasal 16, sebagai protokol pencegahan covid-19.

Achmad sendiri belum bisa menentukan, apakah usulan FPTI untuk memulai pelatnas pada 16 Juni akan langsung mendapat persetujuan.

“Besok ada pertemuan,” kata dia menjelaskan mekanisme pemberian izin bagi kegiatan olahraga di Jakarta dalam masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya FPTI memang berkeinginan untuk bisa mengambil start pelatnas pada 15 Juni 2020. Wakil Ketua Umum FPTI, Ferry Ardianto mengatakan bahwa pemusatan latihan yang biasanya digelar di Yogyakarta, akan dipindahkan ke Jakarta.

“Rencana di Cakung, wall paling besar dan terbaik di Indonesia,” kata pria akrab disapa Pey ini.

Untuk bisa memanfaatkan Jakarta International Climbing Wall Park di Cakung Timur tersebut, FPTI telah melayangkan surat pengajuan kepada Dispora DKI Jakarta.  Karena, menurut Pey fasilitas tersebut berada di bawah naungan Pemprov DKI, sehingga harus mendapatkan izin penggunaan.

“Sampai saat ini kita sudah mengajukan izin tempat, pada prinsipnya semua sudah ok. Begitu izinnya sudah turun dari Dispora, kalau sudah bisa di-acc, kita akan masuk tanggal 15,” kata dia.

Ditambahkan oleh Pey, dalam pelatnas kali ini, FPTI akan mendatangkan 12 atlet. Mereka terdiri dari, Aries Susanti Rahayu, Alfian M, Fajri, Aspar Jaelolo, dan Nurul Iqamah yang dipersiapkan untuk bisa mengikuti rangkaian kualifikasi Olimpiade 2020.

“Ada juga beberapa atlet junior yang kita panggil,” pungkas Pey.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here