Indonesia Percaya Diri Jadi Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032

0

Pasca sukses menggelar perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Indonesia langsung fokus membidik sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Pecaya dirinya Indonesia mengincar posisi tersebut karena Komite Olimpiade Internasional (IOC) belum menentukan tuan rumah pada tahun itu.

Untuk itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap kepada seluruh pihak untuk turut serta menjadi bagian penting dalam mempersiapkan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Imam mengatakan bahwa kesuksesan Asian Games kemarin menjadi catatan sejarah bagi Indonesia.

“Asian Games kemarin atas dukungan semuanya, seluruh 263 juta penduduk Indonesia ini alhamdulillah kita memiliki sejarah yang baik bagi negeri ini, luar biasa,” kata Imam, seperti dilansir dari Kompas.com

“Tidak hanya Asian Games, tapi kita siapkan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Persiapkan dari sekarang, tidak hanya kepada atlet tapi semua. Saya kira kita harus betul-betul menyiapkan,” ujarnya.

Asian Games kemarin sekaligus menjadi ajang untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah event yang lebih besar.

“Perhelatan Asian Games tidak semata-mata menghasilkan prestasi yang gemilang, tapi juga dalam rangka Asian branding, dalam rangka juga bagaimana negara ini harus betul-betul di-branding sebagai negara yang bisa menjadi tuan rumah yang baik dan layak bagi sebuah perhelatan akbar,” tambahnya.

Tak hanya bermodal kesuksesan perhelatan Asian Games, kesuksesan perhelatan Asian Para Games juga jadi modal Indonesia bisa yakin mejadi tuan rumah Olimpiade 2032.
Untuk itu, Indonesia masih memiliki banyak waktu untuk berbenah menyiapkan arena, anggaran, fasilitas, dan sumber daya manusia untuk menunjang perhelatan besar Olimpiade.

“Kebangkitan Olahraga Indonesia Pasca Asian Games dan Asian Para Games 2018” imbuhnya.

Komite Olimpiade Internasional belum menentukan tuan rumah Olimpiade 2032. Namun, Olimpiade 2020 akan diadakan di Tokyo. Sementara, Paris ditetapkan sebagai tuan rumah 2024, menyusul Los Angeles pada 2028.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here