Indonesia Kirimkan 12 Atlet ke ANOC World Beach Games 2019

0
[:In]Sumber Gambar: newsskill.com[:]

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) antusias menyambut gelaran ANOC World Beach Games perdana yang digelar di Doha, Qatar, 9-17 Oktober 2019. Indonesia jelas tidak mau ketinggalan untuk memeriahkan hajatan besar ini. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan ribuan gugusan pulaunya.

Ini adalah kali pertama Association National Olympic Committee (ANOC) menggelar pesta olahraga pantai terbesar di dunia. Dalam edisi perdana total ada 14 cabang olahraga pantai yang diperlombakan dengan diikuti sekitar 1240 atlet dari 97 negara diseluruh dunia.
Ke-14 cabang olahraga pantai tersebut antara lain : Aquathlon, 3×3 Basket, Climbing Boulring, Beach Hanball, Karate (kata individu), Kitefoil Racing, Skateboard, Beachsoccer, Swimming Open Water 5 Km, Beachtennis, Beach volley 4 x 4, Water Ski, Wakeboard, dan Beachwrestling.

Dari 14 cabang yang dipertandingkan KOI mengirim 12 atlet untuk berebut gelar di tiga cabang olahraga, yakni : Basket 3 x 3 Putri, Beach Volley 4 × 4 Putra, dan Karate nomor kata putra dan putri.

“Sekalipun ANOC World Beach Games ini memang baru pertama kali digelar. Namun, sangat bergengsi karena pesertanya ditentukan dari peringkat dunia. Dan, Indonesia yang merupakan negara maritim sangat tepat mengirimkan atletnya dalam rangka pengembangan olahraga pantai,” Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Hellen Sarita Delima dilansir dari Sport.tempo.co.

Hellen menambahkan, dengan mengikuti ANOC World Beach Games Indonesia bisa menggali potensi yang lebih besar. Seperti pengembangan industri pariwasata melalui olahraga pantai. Plt Sekjen KOI tersebut melihat potensi besar yang dimiliki Indonesia dengan 95.000 km garis pantainya.

Menoleh kebelakang Indonesia memiliki pengalaman dibidang olahraga pantai. Yakni menjadi tuan rumah Asian Beach Games di Bali pada 2008 silam. Pada saat itu Tim Merah Putih mampu membawa 23 emas, 8 perak dan 20 perunggu.

Namun pada ANOC World Beach Games, KOI tidak mau muluk-muluk dalam menentukan target.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here